By symbion

 

Halo.

Setelah membaca mengenai artikel saya sebelumnya, Peralatan Gambarku dan Melanjutkan Mengenai Alat Gambar, banyak yang bertanya kepada saya, terutama mengenai pena gambar dan semacamnya. Artikel ini sebelumnya ada di bagian Tulisan, tetapi akhirnya saya memutuskan untuk memindahkannya ke bagian Halaman Peralatan Gambarku sebagai anakan dari induk utama artikel tersebut.

Sejujurnya, saya juga baru pemula dalam hal ini, dan oleh karena bujet keuangan yang tidak memadai, saya juga hanya bisa memanfaatkan peralatan yang ada, semacam pena gambar murah dan screentone digital (terutama yang bisa dibikin sendiri…)

Kali ini, saya mau menjelaskan mengenai pena gambar yang saya pakai. Saya menggunakan beberapa jenis pena gambar sekaligus, selain karena memang saya senang berkreasi dan mencoba-coba, ada beberapa jenis atau tipe ilustrasi tertentu yang hanya bagus bila digambarkan menggunakan pena tersendiri.

Pena gambar paling umum yang saya pakai adalah pena gambar biasa, yang jenis tintanya mirip pena Boxy. Sebenarnya Boxy juga bisa dipakai sebagai pena gambar, hanya saja saya tidak menyarankannya, karena tintanya jenis non-waterproof. Nanti bisa berabe bila gambarnya akan diwarnai menggunakan metode tradisional (cat air atau cat poster), bisa luntur.

Merk pena gambar yang saya pakai (umumnya) Snowman, karena merk inilah yang paling lazim ditemui di toko-toko buku dan relatif murah. Merk Sakura Micro Pigmen merupakan merk yang lebih bagus dan berkualitas, enak dipakai, dan tintanya lebih tahan lama dibanding Snowman (Snowman cenderung memudar bila goresannya dihapus menggunakan karet penghapus biasa), tetapi harganya lebih mahal (karena impor) dan lebih susah ditemukan. Hanya toko-toko buku dan toko alat tulis tertentu yang menjual pena ini, seperti Paperclip dan Kinokuniya. Varian pena gambar Sakura juga lebih luas dibandingkan Snowman; pena Sakura memiliki 4  jenis warna tinta (hitam, biru, merah, hijau), ukuran mata pena lebih beragam (mulai dari 0.005 sampai 0.5 dengan akurasi dan goresan yang lebih rapi), dan jenis pena khusus yang menyerupai fude pen dari Jepang, jenis pena brush atau kuas.

Img087

Atas-bawah:

# pena Rotring 0.01–jenis pena teknis lebih enak untuk dipakai menggambar latar belakang atau detail pada ilustrasi, semacam rambut, ornamen, dsb. Untuk menggambar karakter juga boleh, tapi kurang fleksibel (namanya juga pena teknis…) karena goresannya terkesan terlalu rapi dan kurang spontan.

#1: pena gambar merk Sakura Micro Pigmen, jenis brush pen–yang ini enaknya dipakai untuk menggambar rambut. Semua pena gambar Sakura Micro Pigmen berwarna-kemas seperti ini, krem kekuningan. Ada juga pena berwarna-kemas hitam, tapi itu yang jenis permanent marker (kalo gak salah :P)

#2: pena gambar merk Snowman 0.01–jenis pena gambar yang paling umum dan sering saya pakai. Harganya relatif murah (dibandingkan dengan Sakura, Yoken, Simbalion, dsj) dan mudah ditemui.

# spidol, baik spidol biasa maupun spidol marker permanen–spidol  lebih baik digunakan untuk mewarnai latar belakang gelap atau hitam, bukan untuk meninta karakter; karena spidol cenderung memiliki goresan yang lebar dan tidak akurat. Untuk membuat komik sebaiknya pakai yang permanent marker deh, soalnya spidol biasa merk Snowman seperti yang dicontohkan di atas itu tintanya luntur abis…

Jadi, untuk yang baru pertama kali mencoba menggambar dan meninta, sebaiknya pakai pena gambar murah dulu saja, baru mencoba pena yang lebih mahal/bagus. Snowman merupakan merk yang sudah cukup enak digunakan dan tidak terlalu memberati kantong. Kalau mau bereksperimen dengan G-pen atau maru pen gaya mangaka Jepang, yaah, harus siap merogoh kantong lebih, karena harganya mahal banget. Selain itu, untuk yang tidak biasa menggunakan pena gambar model celup-tinta, pasti kerepotan menggunakan pena semacam ini. Selain itu, pena dan mata pena semacam ini hanya bisa ditemui di toko-toko tertentu. Kinokuniya adalah rujukan pertama; Paperclip juga menjual mata pena semacam ini, tetapi koleksi mereka tidak selengkap Kinokuniya (maklum, toko buku Jepang…).

Oke, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda sekalian yang ingin mencoba menggambar manga atau komik; atau cuma sekedar membuat ilustrasi. Sekedar memberi tahu, saya membuat artikel ini hanya untuk berbagi, bukan karena saya merasa lebih ahli atau semacamnya. Saya juga masih pemula kok :D

Salam, Dea.

 


0 Responses to “Peralatan Gambarku : Pena Gambar”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Yang nyasar kemari

  • 207,454 hits

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: