By symbion

Hai.

Kali ini saya mau membahas mengenai pena celup khusus untuk komik. Para mangaka menyebutnya sebagai tsuke pen. Ada berbagai jenis tsuke pen atau pena celup, yang paling umum adalah G-Pen, Maru Pen, dan Kabura/Saji Pen (catat : semua info mengenai nama pen ini saya dapat dari manga Bakuman…sungguh manga yang bagus yang mengangkat tema mengenai manga dan mangaka, patut dibaca sebagai referensi bagi mereka yang mau menjadi / bercita-cita menjadi mangaka).

G-Pen.

100310-zebraG-nibgpen

Merupakan pena yang paling sering dipakai oleh mangaka untuk menggambar karakter. Tebal tipisnya garis yang dihasilkan mudah divariasikan, meski membutuhkan latihan khusus dan ketelatenan tersendiri untuk bisa menguasai pena ini, karena aliran tintanya yang tidak semulus dan selancar 2 jenis pena lain. G-Pen umumnya digunakan oleh mangaka profesional. Dalam menggunakan dan menyimpan pena ini, harus teliti dan penuh kehati-hatian, karena mata penanya yang mudah merenggang.

Di Indonesia, pena ini masih diimpor. Harganya lumayan mahal. Saya saja cuma punya satu; itu saja sudah rusak :(

Maru Pen.

plumillas-zebra-maru-pen-x2

Mata pena yang satu ini bentuknya khas karena bulat, berbeda dengan 2 mata pena lain yang berbentuk setengah lingkaran. Maru Pen umumnya digunakan untuk membuat detail halus, karena tarikan garisnya yang tipis, stabil, dan mulus. Bisa juga untuk membuat karakter, tetapi variasi tebal tipis garis terbatas. Maru Pen, menurut saya, lebih awet dibandingkan G-Pen, karena mata penanya lebih tahan lama dan tidak mudah merenggang.

Kabura / Saji Pen.

5_FUKUI_LION PEN_DOMESaji Pen

Mata pena yang satu ini bentuknya mirip mata pena Parker. Terkadang juga disebut dengan nama Turnip Pen. Fungsi utamanya adalah untuk membuat tarikan garis yang stabil dan mulus. Garis yang dihasilkan biasanya lebih tebal dibandingkan tarikan garis yang dihasilkan Maru Pen, jadi duo pena ini umumnya digunakan untuk menggambar background dan detail latar lainnya. Seperti halnya Maru Pen, Kabura/Saji Pen bisa juga digunakan untuk menggambar karakter, tetapi, menurut saya, kurang sesuai karena variasi ketebalan garisnya yang terbatas dan kecenderungan tinta untuk meleber (entah ini memang sifat dasar pena ini atau memang sayanya yang eror…).

Gagang Pena.

marupen13107

Ada berbagai varian gagang pena, ada yang dasarnya berbentuk melingkar dan ada yang berbentuk setengah lingkaran.

Semua pena yang saya miliki, saya beli di Paperclip. Jika mau lebih lengkap lagi, coba lihat di Kinokuniya. Ada juga beberapa varian G-Pen dan Maru Pen yang saya beli dari toko alat tulis di daerah Semarang (Toko Merbabu) dan Sukasari, Bogor (Toko ABC), kebanyakan produk Cina. Merk pena dan mata pena celup impor dari Jepang yang cukup terkenal adalah merk Zebra, Tachikawa, dan Nikko. Entah kalau sekarang masih ada yang jual atau tidak, pena celup cina yang murah meriah itu…sedangkan pena celup yang saya beli di Paperclip harganya lumayan merogoh kocek.

Beberapa kawan yang mengunjungi blog saya sebelumnya ada yang mengusulkan untuk mengunjungi toko alat tulis di kawasan Pasar Pagi, Mangga Dua–saya belum pernah mengecek ke sana. Oh ya, ada juga yang menyarankan untuk memesan manga tools terjangkau di Facebook Imstudio Adsfactory, jujur saja saya belum pernah mengeceknya. Terima kasih atas semua sarannya :D

Bagi pemula yang berkocek tipis (sedih banget ya…), tidak usah memaksakan diri untuk membeli pena-pena ini, karena semua benda ini ada substitusinya. Kita bisa menggunakan drawing pen/marker yang lebih mudah diperoleh dan murah harganya, semacam merk Snowman, Sakura Pigma Micron, Yohken, dsb. Ada juga merk Copic, tetapi itu merk impor dan karenanya cukup mahal. Jadi, kembali lagi pada diri kita, tidak usah memaksakan diri kalau memang susah untuk memperoleh peralatan tsb. Yang penting karya kita bisa dihasilkan dengan bagus dan lancar.

Selamat berkarya.

Salam, Dea.

Sumber : dari berbagai sumber.

N.B. Ada website yang cukup bagus yang saya kunjungi, mengenai peralatan dan tutorial membuat manga, yaitu http://www.komiktutor.com. Di situ informasinya lumayan lengkap lho.


2 Responses to “Sekilas Alat Gambar : Pena Celup”


  1. 1 Kang Gus
    13 Agustus 2013 pukul 6:16 pm

    Makasih.. Infonya sangat membantu..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Yang nyasar kemari

  • 217,809 hits

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: