Beranda » 07 GHOST

07 GHOST

07ghost008

Teito dan Michael

07 Ghost(s) adalah manga hasil kolaborasi Yuki Amemiya dan Yukino Ichihara. Diserialisasikan di majalah Monthly Comic Zero Sum dan sudah keluar sebanyak 7 volume, masih ongoing. Sayang sekali manga ini tidak terbit di di sini.

Kisah ini berpusat pada Teito Klein, seorang anak laki-laki amnesia berusia sekitar 14-15 tahun, yang merupakan budak dan menjadi salah satu kadet di akademi militer Kekaisaran Barssburg karena keahliannya menggunakan Zaiphon. Zaiphon adalah salah satu jenis kekuatan sihir, yang mengubah daya hidup menjadi bentuk apa pun yang dikehendaki oleh pemiliknya. Kemampuan ini termasuk langka, tidak semua orang bisa memiliki dan mempelajarinya, sehingga orang yang memilikinya dianggap sebagai orang yang diberkati oleh Tuhan. Ada 3 tipe Zaiphon, yaitu tipe Offensive, Healing, dan Manipulation. Tipe Offensive memiliki kekuatan serang yang besar dan cepat; tipe Healing memiliki kekuatan penyembuh dan dapat membagi kekuatannya dengan orang lain; sedangkan tipe Manipulation tergolong langka, dan dapat memanipulasi suatu benda sekehendak hati.

Dalam akademi tersebut, Teito tidak memiliki kawan seorang pun kecuali Mikage, yang mana ia bersumpah untuk sehidup semati. Setelah setahun mendalami pendidikan militer di akademi, Teito dan Mikage mengikuti ujian kadet yang teramat susah, dan berhasil melewatinya berkat kerja sama mereka. Malam setelah ujian berakhir, Teito yang sedang berjalan melewati koridor akademi, secara tak sengaja mendengar pembicaraan para staf militer, yang menyebut-nyebut dirinya. Orang yang tengah berbicara itu adalah pemimpin kesatuan militer Barsburg “Black Hawk”, bernama Ayanami, yang kemudian diketahui sebagai pembunuh ayah Teito dan pendeta yang dulu merawat Teito.

Teito ketahuan menguping dan berusaha menyerang Ayanami dalam upayanya membalas dendam ayahnya. Ia segera dihentikan oleh bawahan Ayanami dan dikirim ke penjara. Di penjara, Mikage yang menyusup masuk berusaha membebaskan Teito dan mereka kabur berdua, meski pada akhirnya ketahuan oleh prajurit jaga. Teito berpura-pura menyandera Mikage, setelah sebelumnya berbisik, “Kita akan selalu menjadi sahabat kan?”, yang dijawab Mikage dengan, “Tentu saja!”, kemudian melarikan diri sendirian menggunakan hawkzile (semacam kendaraan terbang). Ayanami yang melihat kejadian itu melancarkan serangan menggunakan Zaiphonnya dan, meski hanya sedikit mengenai Teito, melukai anak itu.

Limbung karena lukanya akibat serangan Ayanami, Teito tidak dapat mengendalikan hawkzilenya dan terjatuh di tengah udara. Beruntunglah ia diselamatkan oleh rombongan bishop (aku tidak menyebutnya uskup, soalnya kayaknya agak beda deh….) dari distrik 7 yang kebetulan melintas di tempat kejadian. Teito pun dibawa ke gereja dan dirawat di sana. Di sana ia pun berkenalan dengan para bishop yang menyelamatkannya, yaitu Frau, Castor, dan Labrador.

07ghost0071

belakang : Teito; kiri ke kanan : Castor, Frau, Labrador

Di gereja itu, Teito diperbolehkan tinggal dan berkat hukum gereja, ia pun tidak perlu mengkhawatirkan kejaran Ayanami dan pasukan kekaisaran. Di sana ia secara tak sengaja mengetahui bahwa ia adalah pemilik “Eye of Michael”, sebuah batu yang menyimpan kekuatan sangat besar, yang merupakan harta pusaka Kerajaan Raggs, tempat asalnya dahulu. Ia juga mengetahui bahwa ia kemungkinan besar adalah putra mahkota kerajaan Raggs yang menghilang belasan tahun yang lalu. Seperti halnya Raggs, Barsburg pun memiliki batu berkekuatan besar bernama “Eye of Raphael”. Perjanjian dibentuk antar kedua negara bahwa mereka tidak akan saling mengejar batu milik masing-masing, yang akhirnya dilanggar oleh kekaisaran Barsburg yang menginvasi kerajaan Raggs untuk merebut Eye of Michael.

Teito juga secara tak sengaja, berkat beberapa insiden dengan pengejar dari kekaisaran, salah satunya Mikage yang telah dirasuki oleh Ayanami, mengetahui bahwa para bishop penolongnya adalah bagian dari 7 Hantu / Dewa yang dahulu menyegel dewa kematian jahat bernama Verloren. Frau adalah penjelmaan dari Zehel, satu-satunya dewa yang mampu menggunakan sabit kematian, yang disebut sebagai sabit milik Verloren dan akhirnya diketahui bahwa sabit itu adalah milik Ayanami. Sedangkan Castor adalah Fest dan Labrador adalah Profe. Masih belum diketahui wujud asli Ayanami sebenarnya, meski aku merasa mungkin dialah titisan Verloren, mengingat bahwa sabit yang dikatakan sebagai sabit Verloren dan digunakan oleh Frau / Zehel adalah sabitnya.

Tujuh Hantu merupakan dewa (lebih cocoknya malaikat kematian, soalnya bentuknya mirip Grim😛 ) yang dikirim untuk menyegel Verloren, yang dihukum setelah melakukan kejahatan di surga. Mereka adalah Zehel, Fest, Profe, Landokalche, Rilect, Ea, dan Vertrag. Sampai sejauh ini, baru 3 hantu saja yang diperkenalkan, yaitu Zehel, Fest, dan Profe, sedangkan sisanya kemungkinan besar sudah meninggal (badan manusia mereka).

Setelah insiden yang menyebabkan kematian Mikage, Teito bersumpah untuk membalas dendam pada Ayanami, meski Mikage, sesaat sebelum mati, memintanya supaya “tidak membalas dendam dan tetap berjalan dalam cahaya”. Untuk itu ia berusaha menjadi kuat dan akhirnya, dengan sedikit bujukan dari Castor (yang ditentang habis-habisan oleh Frau), ia mengikuti ujian gereja untuk menjadi bishop. Menurut Castor, dengan menjadi bishop, ia bisa mendapatkan paspor khusus yang memungkinkannya untuk masuk ke distrik mana pun di wilayah kekaisaran. Dengan begitu kesempatan balas dendam pun menjadi lebih besar. Selama menjalani ujian menjadi bishop, Teito sekamar dengan Hakuren Oak yang akhirnya menjadi partner dan sahabat barunya.

07ghost010

searah jarum jam dari atas : Haruse, Kuroyuri (yang digendong), Konatsu, Hyuuga, Ayanami (paling depan)

Eye of Michael yang tertanam di tangan kanan Teito memiliki kekuatan yang sangat besar dan apabila itu merasuki Teito, maka kepribadian, gaya bicara, dan warna mata Teito berubah. Michael sangat menyukai masternya (Teito) dan melakukan apa pun untuk melindungi Teito dari marabahaya. Jika sedang dirasuki Michael, mata Teito berubah warna dari hijau zamrud menjadi merah dan pupil matanya menyipit. Ia berbicara dengan bahasa Tuhan (menurut yang mendengar) dan tidak segan untuk mengeluarkan kekuatan penghancur yang tidak tanggung-tanggung besarnya jika merasa terancam. Terlepas dari itu, ia bertingkah dan berbicara seperti anak kecil. Teito tidak membawa ingatan sewaktu ia dirasuki Michael. Untuk seterusnya, Eye of Michael terpisah dari Teito dan berada di tangan Ayanami.

Selama menjalani pelatihan menjadi bishop, Teito mempelajari bahwa tugas bishop adalah menolong dan melindungi orang-orang dari pengaruh buruk Verloren yang diwujudkan dalam bentuk Kor. Kor merupakan semacam roh jahat yang berusaha mempengaruhi orang dengan cara merebut mimpi mereka dan berpura-pura mengabulkannya. Apabila ketiga mimpi seseorang telah terpenuhi, ia akan sepenuhnya ditelan oleh Kor dan menjadi Wars, evolusi dari Kor yang jauh lebih jahat.

Dalam cerita ini, dikisahkan bahwa Tuhan akan memberikan tiga mimpi pada roh yang akan dilahirkan ke dunia. Ketiga mimpi tersebut merupakan alasan dan tujuan hidup manusia itu selama menjalani hidup di dunia. Apabila ketiga mimpi itu telah terpenuhi, maka manusia akan dipanggil kembali ke sisi Tuhan atau mati, dan mengalami reinkarnasi. Hal itulah yang terjadi pada Mikage yang mati karena melindungi Teito dari Ayanami; ia terlahir kembali sebagai naga kecil berwarna merah muda, yang akhirnya ikut kemana pun Teito pergi.

Hubungan antara Frau dan Teito berkembang lebih lanjut dari sekedar kawan menjadi majikan-budak, karena ketidaksengajaan Frau yang mengaktivasi kalung budak pemberian Ayanami di leher Teito, yang menyebabkannya menjalin kontrak darah dan menjadikannya majikan Teito (kalung itu akan meledak jika Frau dan Teito terpisah selama 48 jam😀 ), dan guru-murid, setelah Teito lulus ujian bishop dan menjadi calon bishop di bawah bimbingannya.

Aku menganggap cerita ini bagus banget, terutama dari segi pembentukan karakter dan konflik di dalamnya. Hampir semua karakter di sini bersifat abu-abu, dalam arti, mereka tidak digambarkan sepenuhnya jahat atau sepenuhnya baik hati. Hal itu terlihat jelas dari karakter Ayanami. Aku masih penasaran dengan kelanjutan ceritanya, sekarang ini aku mengikutinya secara online. Sayang banget, manga ini tidak terbit di sini, coba kalau terbit, langsung kukoleksi deh…

Salam, Dea.

51 thoughts on “07 GHOST

  1. Akhirnya dea bkin artikel tentang nie komik jga ^^

    Q ska nie kmk mo ada animenya lho (sudah ketahuan masa depannya akan cerah :D)

    Eh si teito tuh sekitar 14-15 sannya ?
    Q kira 12-14 san knyak anak kcl sech chibi bgt ^^

    (bales ke mail jah)

  2. yah, rasa-rasanya sih sekitar segitu umurnya, dia emang kecil sih (menurut sebagian besar orang di situ, terutama Mikage dan Hakuren haha😀 )
    animenya katanya keluar sekitar pertengahan 2009, tunggu aja

  3. keren abis! baru liat da orang Indonesia yg ngebahas 07-Ghost di blognya hahaha…
    Gie baru ngikutin 07-Ghost sih, jadi pas baca nih artikel kya spoiler (hiks) alna Gie tipe yg ga suka spoiler…
    hahaha pa bole buat, dah penasaran jd baca artikel ni pe abiz

  4. Anime 07 Ghost skarang dah terbit ^^
    Baru eps 1~13, sedangkan aslinya udah sampe 25 (tamat)

    Ceritanya g trlalu berat (kecuali soal tuhan-tuhannya ntu), mungkin bisa juga ditayangin di Indo… semoga

  5. Dea,lam kenal ya, thanks atas artikel’a aq lagi nyari, c0z aq baru n0nt0n tuh anime 07ghost di dvd, tp baru nyampai epsd 13 yg disk 2 n0disk terus, lagu’a juga bagus aq udah punya lo,tp lupa aq menulis’a di bl0g q….

  6. wah kamu suka 07 ghost? dikiraian cuman aku ahahaha
    eh coba deh baca pandora hearts ceritanya rame loh (promosi) ;-D

    • uwooo! bener banget!! aku jg koleksi pandora hearts, tapi rada nggak ngerti ceritanya dibanding 07 ghost. karakter favorit di ph: xerxes break dan vincent nightray, soalnya mereka keren hehe. kalo karakter favorit di 07 ghost: frau dan ayanami, soalnya mereka cool abis, ehehe.
      eh, hyuuga juga sih…sekalian sama konatsu…:D

  7. waaaaah…Pandora Hearts… setujuuuuu, itu keren banget! Klo 07 Ghost luar biasaaaa. Tapi kok ngegantung sih, manga & animenya! padahal dari segi cerita, tokoh, dan lainya bwagus banget!!!

    • Ya, Pandora Hearts memang keren, terutama dari segi cerita, kompleks banget! Kalo 07 Ghost, manganya sih baik-baik saja, meski agak membingungkan, sedangkan animenya…yah, katakanlah karena manganya belum kelar dan ada modifikasi dari sononya, ceritanya jadi terkesan tidak menggantung.😀

  8. Kereeenn!!! Aku dah baca vol. 3! Pandora Heart emang keren,,, but 07-Ghost tuh udahh.. adduhh, gimana ya… LUAR BIASAA!

    Kalo mau lgsung baca smpai vol. 14, baca aza di komik online kayak Manga Reader atau MangaFox!!

    Aku dah baca sampai Teito kehilangan ingatannya dan kembali ke kemiliteran sebagai begleiter Ayanami (sorri agak nge-spoiler)

    Cool!!

  9. @Lilac Lovely
    OMG beneran teito jadi begleiternya Ayanami ?!
    (g’ rela :'(( )
    aku baru ngikutin ampe vol 5 nih,
    aduh gawat, nyari online g ya ?
    arg arg arg (heboh sndiri #plak)

  10. Aku suka anime pandora hearts , black butler , rental magica , nura : rise of the yokai clan : demon capital dan 07-ghost , aku suka pershabatannya Teito dan mikage , kasian teito Aku benci ayanami !

  11. aku ada serial animenya di tv
    tapi menggunakan parabola
    di chanel animax khusus acara anime
    seru banget ceritanya
    wlpn msh blum mngerti critnya
    tapi aq sngat menikmati

  12. bgmn kelanjutannya ……
    gw binggung nih apa teito bisa mengingat kembali semuax atau gk
    ama sebenarnya ayaname tu siapa ya n napa bawahan ayaname setia banget ama dia ???
    n 07 ghost yang season 2 tu brp episode ya

    • anime agak membingungkan karena tidak mengikuti cerita manganya. padahal cerita mangalah yang paling jelas sejelas-jelasnya, menjabarkan mengenai siapa ayanami itu sebenarnya, mengapa bawahannya setia mati sm dia, dan hubungan ayanami dgn teito (bakalan kaget banget kalo sudah tahu, bener deh). baca manganya online saja, sudah hampir mencapai babak akhir lho🙂

  13. Sekarang udah terbit sampe yg ke 9 di indonesia
    Di jepang udah tamat malah, tapi kalau baca online, masih ongoing di chapter 95 (96 belom muncul). Selesainnya di chapter 99 dengan teito ngelanjutin perjalanan ke the lan of seele, Frau (zehel) jadi god of the death, plus fathernya teito ternyata masih idup, nanti nikah sama millea, mamanya teito, lalu punya anak namanya siapalah tapi ada kata “teito”nya juga. Dan anak itulah yg nanti ngelanjutin garis keturunan raggs. oh iya, ayanami juga mati, tapi anggota black hawk yg lainnya idup dan jadi baik.
    Terutamq ending untuk haruse sama kuroyuri, sweet baget, mereka bikin toko kue :3

  14. untuk cari animenya dimana, saya baru lihat sampai frau dan teito pergi beberapa tempat dan menjumpai anak kecil, sehabis itu saya tidak bisa lihat lagi

    • sekarang kyknya sdh ada deh bajakannya di tukang dvd. tapi memang animenya baru sampai ketika teito dan frau keluar dr katedral saja utk perjalanan mereka menuju seele, krn saat itu manganya memang belum selesai. skrg manganya sudah selesai, tapi sy blm tau kalo akan diterusin lg animenya.

  15. samaaa seru banget ceritanya, awalnya aku liat anime ini di Animax tv kalo ga salah hehehe… terus aku lanjut beli komiknya, dan aku baru punya komik yg ke 9 hahh~ akhirnya susah payah, aku koleksi dari yutube/? hahaah kalo kata aku sih seru yang di komiknya… konfliknya berasa bgt :v

    • hampir setiap situs manga online punya 07 ghost kok. hanya saja yang sering saya baca terjemahannya bahasa Inggris, bukan yg bahasa Indonesia. biasanya saya baca di mangareader atau mangachapter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s