Beranda » Harian » Ujian Mengasyikkan : Ide Kreatif Wira Usaha

Ujian Mengasyikkan : Ide Kreatif Wira Usaha

Ujian mengasyikkan?? Siapa yah yang mikir kayak gitu?! Yang namanya ujian itu pastilah bikin stress, kepala pusing karena belajar mati-matian, badan pegel-pegel n meriang (lho kok kayak orang demam ya??), dan lain sebagainya. Tapi saya baru saja mengalami ujian yang mengasyikkan lho!

Serius!! Saya baru saja ujian mata kuliah Kewirausahaan. Tidak ada bahan kuliah sama sekali, jadi kami semua tidak belajar teori, dan memang soal ujiannya sangat menggali kreativitas kami dalam menjabarkan ide bisnis mandiri. Kami diminta menjabarkan ide kreatif kami mengenai bisnis yang kami akan tekuni dan segala atributnya. Di baris bawah lembar soal kami tertulis bahwa apabila kami menjawab dalam bahasa Inggris, maka nilai kami akan ditambahkan 10 poin. Wah, jadi tambah semangat deh!!

Saya termasuk orang yang menuliskan jawaban soal dalam bahasa Inggris. Bukannya mau pamer, selain untuk menambah nilai (hehe), saya juga ingin mengasah kemampuan bahasa Inggris saya dalam menulis. Ide kreatif bisnis yang saya tuliskan adalah mengenai usaha membuat perhiasan manik-manik.

Saya memang menyukai pekerjaan kreatif, dan saya sangat menyukai membuat segala macam kerajinan, selain membuat gambar dan komik, terutama membuat kerajinan kertas dan perhiasan manik-manik. Sebagian perhiasan manik-manik tersebut ada yang saya pakai sendiri dan ada yang saya jual. Awalnya memang untuk saya pakai sendiri, tetapi karena banyak teman yang melihat dan menyukainya, maka saya pun membuatnya juga untuk keperluan penjualan.

Berusaha membuat kerajinan manik-manik sangatlah menyenangkan. Selain memupuk kesabaran dan ketelatenan, usaha ini juga membawa untung yang tidak sedikit. Hanya dengan modal kecil untuk membeli kawat, kaitan, dan manik-manik yang harganya relatif murah dan mudah diperoleh di pasar tradisional sekalipun, kita bisa membuat suatu perhiasan yang bisa kita jual dengan harga 3 kali lipat harga bahan dasarnya. Mengasyikkan bukan?

Saya sangat menyukai sesi ujian kali ini, dan untuk itu saya sangat berterima kasih pada dosen kami yang selalu mendorong kami utnuk giat berkreasi dalam berwira usaha. Dosen kami, Bu Ilah Sailah, selalu menyemangati kami untuk berwira usaha dan mengembangkan ide kreatif kami, apa pun itu. Prinsipnya adalah usaha dan inovasi kreatif. Kuliah kewirus merupakan kuliah yang tidak pernah saya lewatkan; saya belum pernah bolos sekalipun untuk mata kuliah tersebut–mengingat saya pernah bolos setidaknya satu kali untuk semua mata kuliah yang pernah saya jalani selama ini.

Terima kasih, Bu, atas ujian yang menyenangkan mengenai ide kreatif wira usaha ini.

Dea.

N.B. Untuk semua kawanku yang ikut ujian ini bersamaku, ganbatte yo!! Kita sama-sama berkreasi inovatif untuk usaha kita, apa pun itu.

Tinggalkan Balasan

