Beranda » Opini » Lagu yang Kusuka

Lagu yang Kusuka

Saat ini aku sedang mendengarkan lagu Perancis berjudul Je te rends ton amour yang dinyanyikan oleh Mylene Farmer. Aku jadi suka lagu itu karena sempat mendownload klip anime Yami no Matsuei dan ada lagu itu. Sebenarnya apa arti judul lagu itu? Lagunya berirama agak angsty dan gothik, suasana yang cukup kusuka.

Sejak dulu, aku lebih menyukai lagu-lagu instrumental atau lagu minim vokal. Aku tidak menggemari suatu grup musik tertentu, apalagi grup musik Indonesia. Alamak, lagunya cengeng abiss! Males banget kali ngedengerinnya!

Bagiku lagu adalah suatu sarana hiburan, dan untuk beberapa kondisi tertentu, sarana untuk melarikan diri ke dunia pikiranku sendiri. Terkadang aku tidak peduli apa arti lirik lagu itu, yang penting iramanya enak dan cocok denganku, maka aku akan mendengarkannya. Apalagi kalau aku lagi belajar, aku pasti mendengarkan lagu yang kusuka. Lagu itu terkadang tidak kudengarkan, cuma jadi background saja. Saking nempelnya itu background lagu ama otakku, biasanya aku sampai gak ngerespon orang yang ngetok-ngetok pintu kamarku.

Tetapi ada suatu aturan tak tertulis bagiku bahwa ketika mendengarkan suatu lagu berlirik dan bervokal, minimal aku harus mengerti tema lagu dan sebisa mungkin aku harus tahu arti keseluruhan lagu itu, baru aku bisa menikmatinya. Makanya aku nggak pernah bisa menyukai lagu Indonesia (kecuali beberapa lagu tertentu), soalnya berhubung aku mengerti arti lirik lagunya, aku jadi ogah ngedengerinnya.

Paling enak mendengarkan lagu instrumental atau lagu bervokal minim. Dengan mendengarkan lagu semacam itu, aku tidak perlu pusing-pusing memikirkan apa makna yang ingin disampaikan lagu tersebut. Yang penting melodinya enak dan bisa diterima kuping, yah jadilah. Aliran lagu instrumental yang kusuka berkisar mulai dari lagu klasik, New Age, tradisional, etc. Terutama sekali New Age dan tradisional, apalagi yang menggunakan alat musik piano dan biola. Untuk biola aku lebih suka mendengarkan biola alto, soalnya lebih tenang. Cello juga kadang-kadang jadi pilihanku. Untuk harpa dan alat musik petik lainnya, aku kurang suka karena ada nada gesekan antara jari dan bagian alat musik yang dipetik yang mengganggu di telingaku ketika aku mendengarkan lagunya. Gamelan juga lumayan kusuka, tetapi hanya gamelan Jawa saja, soalnya gamelan Sunda terlalu dinamis buatku. Selain itu aku kurang suka bunyi suling dan kendang.

Aku cukup menyukai nasyid, tetapi seperti yang sudah kukatakan sebelumnya, aku kurang menyukai lagu bervokal. Khusus nasyid bagiku itu bukanlah lagu, melainkan syair yang didendangkan, mengingat minimnya alat musik (malah biasanya gak pake alat musik, cuman acapella) yang digunakan.

Sejujurnya aku benci lagu-lagu Indonesia yang justru menjadi top hit dan banyak disukai orang. Alasannya : karena banyak orang yang suka, jadinya lagu itu masuk ke chart lagu terus menerus dan jadi sering diputar. Nah, karena keseringan diputar, aku jadi BOSAN BERAT!!! Khusus untuk saat ini, aku sedang benci berat pada lagu Cinta ini Membunuhku dari D’Massiv dan lagu dari Yovie and Nuno yang, aku lupa judulnya, pokoknya isinya “Dia milikku, bukan milikmu…”, itu saja terus yang disebut di chorusnya. Bosen banget gak sih????!!!

Sori banget buat penggemar lagu-lagu yang kusebut di atas. Menurutku dua lagu itu gak meaning banget!

Salam, Dea.

P.S. Untuk adikku yang punya selera lagu yang sama denganku, cuman dia rada mello dikit (dia suka ngedengerin lagu Josh Groban bertema cinta ^^; terus suka nyanyi di kamar mandi keras-keras sambil berpuisi, hahahaha), beda denganku yang lebih gahar kalo ngedengerin lagu hehehe… ayo semangat UANnya!

One thought on “Lagu yang Kusuka

  1. aku masih inget mungkin setahun lalu, kamu suka muter drive yang judulnya kalo gak salah bersama bintang, sejujurnya gak bangetsss.

    Aku suka beberapa lagu Indonesia, yogyakarta-katon, bunda-potret, pelukis malam-nugie dan beberapa lagunya BCL❓ gak usah protes pokoke aku suka BCL kecuali Sunny-nya gak banget😆

    Kalo instrumental suka juga, yang pasti aku suka swing, balada, bon joviku dan the calling is my life…

Tinggalkan Balasan

