Beranda » Opini » Apa yang Salah??

Apa yang Salah??

Beberapa hari ini aku dan kawan-kawanku banyak mengobrolkan mengenai kondisi lingkungan kami yang agak (baca : sangat) mengenaskan.

Mengenaskan dalam arti : sering mati listrik, banyak sampah, banyak orang-orang nggak jelas (baca : orang gila dan pengangguran tanpa rencana), dll.

Masalah pertama : mati listrik. Kenapa sih mati listrik jadi langganan?? Rasa-rasanya kami bayar listrik hampir selalu tepat waktu deh… Katanya memang sih PLN ada rencana untuk melakukan penghematan dengan cara memadamkan listrik di beberapa daerah secara bergilir, tetapi tetap saja aku menganggapnya menyedihkan…

Masalah kedua : banyak sampah. Aku sering mengeluhkan kurangnya sarana tempat sampah di sekitar rumah kos kami, dan bahkan juga di sekitar kampus kami tercinta di IPB yang katanya kampus hijau itu tuuuuh…. Harusnya tempat sampah itu diperbanyak kok. Tetapi setelah diamati lebih lanjut, mau ada tempat sampah kek, mau nggak kek, sama saja bagi warga lingkungan kami. Buang sampah tetap seenaknya saja. Masak buang sampah persis mengonggok di depan rumah??? Benar-benar nggak punya estetika dan sense kebersihan. Kebiasaan buang sampah pada tempatnya merupakan kebiasaan yang ditanamkan sejak kita masih kecil. Menurut sepengamatanku tuh ya, masyarakat daerah sini nihh memang nggak punya kecintaan terhadap hidup bersih. Pengennya mengatai goblok, tapi takutnya marah kalau dikatain gitu padahal emang iya… Ntar kalo sampai banjir, yang disalahin alamnya, padahal yang salah dirinya sendiri.

Masalah ketiga : banyak orang-orang nggak jelas, yaa nggak jelas kewarasannya maupun nggak jelas kerjaannya. Kalau yang nggak jelas kewarasannya, yaa tidak bisa disangkal dan diganggu gugat lagi, lha wong memang sudah gila. Yang patut ditanyakan dan dikasihani dari mereka adalah apa sesungguhnya penyebab kegilaan mereka. Mungkin tekanan ekonomi atau stress emosi, kita juga gak tahu. Wallahu alam… Naah, kalau yang nggak jelas kerjaannya, banyak tuuh di sekitar lingkungan kami. Contoh : tetangga kami. Dia punya kebiasaan main atau melamun di depan rumah, kadang bareng keponakannya. Yaa, nggak masalah sih kalau itu memang di depan rumahnya sendiri, masalahnya kadang-kadang dia nongkrong di depan rumah orang, dalam hal ini di depan kos kami. Kan mengganggu! Kayak nggak punya sopan santun dan tata krama saja. Kami sudah sering sengaja mengeraskan suara dan komentar kami atas gangguan mereka, tetapi mereka tetap berkuping panci dan terus saja main di depan rumah. Belum lagi ayam tetangga yang hobi menyambangi pelataran rumah kos kami dan meninggalkan oleh-oleh tahi ayam yang masih hangat… Satu tambahan lagi, anak tetangga kami yang sudah remaja memiliki kegemaran memulung sampah kami dan terkadang mengambil tanpa izin sandal atau sepatu yang tersusun di depan pintu rumah kami. Padahal kami sudah sengaja menyusun alas-alas kaki tersebut di bawah bangku dan dekat pintu rumah kami, supaya orang-orang sadar bahwa benda-benda itu masih terpakai. Tetapi tetap saja ada yang mengambilnya dan dengan muka badaknya itu, ia masih melenggang tanpa beban…

Apa yang salah??? Aku sering bertanya-tanya, apa yang salah dari kepribadian masyarakat kita ini, khususnya masyarakat dan warga Bogor. Sering aku menemukan hal-hal yang kuanggap sangat menyebalkan dari kebiasaan warga sekitar kosku, dan bertanya-tanya, mengapa… mengapa bisa begitu???

Apa yang salah??? Aku sering tidak habis pikir, apa yang salah dari negara kita yang katanya kaya raya, subur, gemah ripah loh jinawi ini, tetapi sangatlah bobrok dalam hal mental dan perekonomian, dan bertanya-tanya, mengapa… mengapa bisa begitu???

Apa yang salah dari kita??? Jika ada yang tahu jawabnya, beri tahu aku.

Salam, Dea.🙂

N.B. Aku bukan orang yang kejam, makanya jangan anggap aku kejam bila aku menyatakan bahwa aku sangat membenci para pengemis di sekitar kampus dan jalanan kota Bogor, terutama pengemis yang masih anak-anak. Aku benci, bukan pada mereka, tetapi pada apa dan siapa yang telah membuat mereka melakukan hal itu…😦

One thought on “Apa yang Salah??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s