Beranda » Ulasan » Minimart Bersaing??

Minimart Bersaing??

Eh, aku kepikiran nih!

Setiap kali ada toko serba ada waralaba semacam Alfamart atau Indomart, apabila salah satu sudah berdiri di satu lokasi, pasti yang satunya lagi ngikut berdiri di lokasi yang tidak jauh dari saingannya. Kira-kira kenapa ya??

Toko-toko serba ada semacam Alfamart atau Indomart merupakan salah satu bentuk usaha yang disebut waralaba atau franchise, kalo istilah sononya. Franchise berasal dari bahasa Prancis, yang artinya kejujuran atau kebebasan, intinya merupakan hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut pemerintah Indonesia, franchise atau waralaba merupakan perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki oleh pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penggunaan barang atau jasa tersebut (http://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba/).

Intinya, dalam franchising, kau membeli lisensi atau izin untuk menggunakan dan atau menjual produk atau jasa dari suatau paten tertentu. Sudah banyak contoh franchise di Indonesia, beberapa di antaranya adalah McDonalds, KFC, CFC, dll.

Naaah, salah satu jenis dari waralaba ini adalah berupa toko serba ada mini semacam Alfamart dan Indomart. Seperti yang telah kusebutkan di atas, mereka bersaing ketat dalam memperebutkan pelanggan yang umumnya ibu-ibu rumah tangga, yang malas berbelanja jauh-jauh ke supermarket, tapi pengen belanja di toko sekaliber supermarket itu yang dekat dengan rumah mereka dan tidak banyak makan waktu serta ongkos (aku juga senang kok main ke mini market macam itu, sambil kadang-kadang iseng membandingkan harga…).😀

Antara dua mini market yang kusebut barusan, sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan antara tampilan keduanya. Keduanya sama-sama memiliki ukuran toko yang kurang lebih sama luasnya, sama-sama berpenerangan lebih (alias terang banget, laksana pasar malam di tengah malam yang gelap —maksud???)🙂 , barang-barang yang dijual di dalamnya juga gak beda-beda jauh, paling berkisar antara barang-barang kebutuhan rumah tangga. Harga juga tidak terlalu beda jauh, hanya di salah satu mini mart memang harganya lebih mahal.

Yang bikin aku geli adalah semangat dan daya juang mereka untuk bersaing satu sama lain. Apabila yang satu membuka lokasi baru di satu tempat, maka dapat dipastikan yang satu lagi akan segera mengikuti dengan membuka cabang di lokasi dekatnya. Benar-benar deh!😀

Tren terbaru sekarang ini dikembangkan oleh Alfamart yaitu dengan membuka cabang toko yang buka 24 jam penuh. Indomart belum menyaingi, tetapi siapa tahu, lihat saja nanti. Dengan bukanya toko selama 24 jam, dan harga yang tidak terlalu meningkat seperti halnya K-Circle Mart yang memang sejak awal berupa toko 24 jam dengan harga selangit, Alfamart mendapat tempat tersendiri di hati beberapa pelanggannya yang gemar ngelayap malam-malam sambil belanja, salah satunya aku hehehe…😀

Yah, persaingan sih sah-sah saja ya, selama tidak melanggar batas dan privasi lawannya. Aku cuma sekedar geli dan kadang bertanya-tanya mengapa mereka seperti saling berkejaran dan menemani di mana pun mereka berlokasi. Bagai kucing dan ikannya, eh bukan, kucing dan kutunya, hahahahaha….😄

Salam, Dea.

N.B. Pertama kali aku lihat ada Alfamart 24 jam adalah di daerah dekat kampusku di IPB Dramaga. Benar-benar suatu anugrah bagi mahasiswa tukang ngenet dan ngelayap malam-malam kayak aku!😛

2 thoughts on “Minimart Bersaing??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s