Beranda » Opini » Merokok = Nggak Puasa??

Merokok = Nggak Puasa??

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang melaksanakan!! Met puasa ya!!

Lama aku gak upload tulisan nih…

Langsung saja ya… masih nyambung dari tulisan terakhir kali, mengenai rokok… Ada satu hal yang kuperhatiin selama ini mengenai kebiasaan merokok orang Indonesia.

Puasa berarti tidak boleh makan, minum, dan melakukan hal-hal yang membatalkannya kan?? Naah, merokok, menurutku (dan menurut sebagian besar ulama juga), merupakan salah satu pembatal puasa. Karena merokok itu berarti memasukkan asap ke dalam paru-paru kita, dengan cara dan mekanisme yang kurang lebih sama dengan makan atau minum. Berarti hukumnya membatalkan puasa kan?

Tetapi entah apa memang sudah ketagihan atau apa, bapak-bapak kita di Indonesia ini menjelang buka, bukannya minum yang manis-manis sesuai sunnah Nabi SAW, malahan langsung saja menyulut rokok. Rokok bagi mereka sudah dianggap sebagai makanan utama sehari-harinya.

Aku juga sempat melihat beberapa orang yang sudah jelas Islam (entah bener atau nggak ya…) tidak puasa, padahal mereka tidak ada halangan apa-apa, musafir juga bukan (mana ada musafir duduk-duduk di pinggir jalan, ngerumpi, ngegosip, dll), mereka nongkrong sambil merokok dan keliatannya juga sambil minum kopi. Bagaimana sih?!

Jujur saja ya, bulan Ramadhan kali ini terasa datar buatku. Mungkin cuma aku saja yang merasa ya?? Rasanya biasa saja…

Ada pendapat lain??

Salam, Dea.

2 thoughts on “Merokok = Nggak Puasa??

  1. aku kira cuma aku yang berpikir ramadhan itu not so special cuma memang terasa ada nuansa yang berbeda, buatku ramadhan hanya terasa spesial saat masih anak-anak. mungkin karena aku gak terlalu agamais…😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s