Beranda » Aneka Rupa » Menggambar dengan Caraku

Menggambar dengan Caraku

Melanjutkan bagian Peralatan Gambarku, sekarang aku akan menceritakan mengenai caraku membuat komik. Hee, padahal belum jadi semua siih… minimal sketsa dan penintaan sudah kulakoni, tinggal finishing.

Pertama-tama, aku akan memperkenalkan alat gambar yang kupakai :

alatgambar01

pena gambar a la kuno

alatgambar02

mata penaku

alatgambar04

drawing pen, merk Snowman dan Sakura, ada juga gel pen

alatgambar03

pensil mekanik, pensil biru muda, penghapus, pensil arang

alatgambar05

kuas berbagai ukuran

alatgambar07

tinta cina yang rada murah

alatgambar06

cat hitam, abu-abu, dan putih

 

Sebelum membuat sketsa yang nanti bakal kutinta, aku membuat story board terlebih dahulu. Story board merupakan sketsa kasar jalan cerita yang kauinginkan. Aku sih membuatnya di sebuah buku tulis biasa, yang lain membuatnya di buku sketsa khusus atau malah kertas buram. Intinya, itu adalah ide awalmu.

pics1241

story boardku, sori gambarnya jelek banget😦

 

Setelah story board, aku mulai deh membuat sketsanya di atas kertas. Sketsaku tidak terlalu kasar sih, untunglah, tapi tetap saja capek bikinnya. Apalagi aku kan nggak terlalu jago bikin latar. Dulu aku pernah berkelompok membuat komik, jadi tugasnya dibagi masing-masing sehingga tidak terlalu berat kerjaannya. Ada yang kebagian bikin sketsa dan ide cerita, ada yang penintaan, dan ada yang finishing.

Sebelum mulai membuat sketsa, aku menggarisi pinggiran kertasnya terlebih dahulu. Soalnya di Indonesia tidak dijual kertas manuskrip sih, kalaupun ada, harganya mahal bangettt!! Jadi aku pake kertas HVS A4 80 gram biasa (jangan yang 70 gram ya, ketipisan!) dan garis pinggir kubuat sendiri (capeknya….).

pics1242

selama pembuatan sketsa dan penintaan, sori ancur banget😦

 

Setelah bikin sketsa, tintain deh! Kadang kalo lagi males, aku pake drawing pen. Kalo lagi lumayan rajin, aku pake pena dan tinta. Hasil akhirnya nggak terlalu beda jauh, meski kalo pake tinta cina sering kabur kalo dihapus. Sekarang ini aku lebih sering pake drawing pen, lebih praktis. Sangat disarankan merk Sakura, soalnya waterproof. Jangan pake boxy ya, ntar luntur.🙂

 

Finishing adalah hal yang paling melelahkan selain menghapus bekas sketsa. Soalnya aku nggak terlalu bisa menggunakan efek-efek latar. Males siih! Tapi mau nggak mau harus dibuat juga, karena penggunaan efek yang tepat akan menambah nilai lebih bagi komikmu. Penggunaan rugos atau tone juga harus dipelajari meski tidak sewajib efek manual, karena ini merupakan pilihan. Mau gimana lagi, benda-benda itu mahal harganya, jadi buat kita yang ‘kere’, mendingan manual kan? Kalo sudah punya scanner dan CG sih, gak masalah, tinggal difinishing aja di komputer. Sekarang ini banyak software untuk memperbagus gambar. Yang kusarankan sih, Adobe Photoshop dan openCanvas. Yang terakhir ini memiliki banyak fitur tone yang bagus, meski penggunaannya tidak terlalu user friendly (buat yang biasa pake Adobe sih gak masalah, meski aku agak kesulitan juga…).

Membuat komikmu sendiri tidaklah sulit, asalkan kau mau banyak berusaha dan kreatif. Aku sendiri ngomong begini, tapi belum ada satu karya pun yang worthy untuk ditampilkan, minimal di blogku sendiri😦

pics1244

mejaku yang berantakan, lagi sibuk sketsa komik:mrgreen:

pics1243

keseluruhan meja kerjaku

So, what about you??

Salam, Dea.

 

11 thoughts on “Menggambar dengan Caraku

  1. seharusnya kw keluarkan tulisan ini sesudah menerbitkan komikmu sendiri bu, ayo selesaikan satu cerita, aq mau kok jadi relawan tukang hapus dan tukang ngeblock asal kw gak langsung ngumpet setelah dikasih komentar hehehe pis men….

    • tinta cina aku sering beli yg murah aja, suka ada di gramedia, harganya sekitar 3-4 ribuan.
      boleh saja sih, tapi jgn disalahgunakan ya hehehe
      o85691794356
      kalo sms atau nelpon, jgn malam2 ya, trus ngomongnya yg jelas🙂

  2. Gambar yang bagus. Salam kenal, namaku Strawberry Eklara. Senang berjumpa denganmu. Oh ya, kamu senang menggambar komik juga. Aku juga suka menggambar komik. Senang sekali bisa berjumpa dengan teman yang mempunyai hobi yang sama. Mudah-mudahan bisa kita bisa jadi teman yang berbagi info tentang seputar membuat komik. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s