Beranda » Aneka Rupa » Maraknya SMS Premium Call

Maraknya SMS Premium Call

“Piye kabare?”
“Tetep koyo ngene wae, Mbah…”
“Kowe iki lahire pas Selasa Kliwon, ora cocok nyambut gawe ning mbanyu. Kowe cocoke nyambut gawe dadi pedagang.”
“O iyo, Mbah.”

Siapa yang nggak tahu iklan itu? Iklan mengenai ramalan berdasarkan weton atau primbon Jawa yang populer di TV akhir-akhir ini merupakan satu dari sekian banyak iklan SMS Premium Call yang menjamur di masyarakat. Selain yang satu itu, kita juga mengenal SMS premium mengenai chatting, kontak jodoh, konten hape, dsb. Begitu maraknya SMS tipe seperti ini merupakan suatu pertanda bahwa usaha semacam ini ternyata laku keras di negeri kita.

Aku mengkhususkan diri mengomentari hanya pada jenis SMS ramalan saja ya. Selain yang satu di atas, banyak juga SMS ramalan berdasarkan horoskop zodiak, ramal tanggal lahir, bahkan sampai ramalan berdasarkan nomor hape yang digunakan. Terlepas dari percaya atau tidak percaya, semua SMS itu menurutku hanya sebuah pemborosan belaka. Kayaknya cuman orang yang kebanyakan pulsa saja deh yang ikutan SMS kayak gituan😀

Pertama yang perlu diketahui, isi SMS yang dijanjikan bakal berbeda antara satu orang dengan yang lain itu ternyata bohong. Beneran loh! Salah satu kawanku pernah mencobanya menggunakan nomor perdana yang diregister pake biodata fiksi, ia mendaftar masuk ke premium SMS macam gitu. Ternyata isi SMSnya sama saja dari hari ke hari. Yang beda cuma pilihan kata-katanya saja.

Kedua, SMS macam ini biasanya memberi syarat agar kita mendaftar masuk terlebih dahulu dengan mengetik REG blablabla. Naah, satu hal yang tidak diberitahukan dan tidak diduga bagi kita yang berniat berlangganan adalah bahwa SMS itu akan datang tanpa kenal waktu, terkadang isinya sama saja, hanya diulang-ulang, dan yang jelas tiap kali masuk ke inbox kita, pulsa kita kemakan juga hahaha😀 Mending kalo cuman sekali, ini berkali-kali, jadinya boros, pulsa 100 ribu bisa habis dalam 3 hari cuma karena SMS spam macam begitu.

Ketiga, untuk tidak berlangganan lagi biasanya dipersulit. Mereka memang mengatakan bahwa untuk tidak berlangganan lagi ketik saja SMS berisi UNREG blablabla, lalu kirim saja dan langsung tidak berlangganan lagi. Ternyata tidak semudah itu. Meski telah unreg, tetap saja konten SMS itu datang dan datang terus, menguras pulsa kita. Jadinya sama saja dong! Mending nggak usah langganan sekalian.

Keempat, meski usaha semacam ini legal, tetapi sesungguhnya secara moral, hal ini merupakan salah satu bentuk penipuan terselubung. Salah satu ciri usaha yang benar adalah jelas dan nyata bagi pelanggannya, dalam arti usaha itu benar-benar jujur dan jelas apa tujuan, isi, dan maksudnya. Naah sejak awal SMS macam ini kan hanya mengatakan “ikutan ayo ikutan asyik lho!” tanpa mengatakan syarat dan prasyarat dengan jelas dan gamblang pada pelanggannya. Ketentuan mengenai banyaknya SMS yang diterima dalam sehari saja misalnya, juga tidak dijelaskan. Pokoknya pelanggan tau ikut saja lah! Tau-tau pulsa habis !

Jadi bagi siapa pun yang tertarik atau iseng mau ikutan SMS kayak ginian, mending gak usah deh! Bikin stress n kantong habis-habisan buat beli pulsa hahaha… Mending SMSan ama temen kita atau pacar bagi yang punya (asal jangan SMS yang aneh-aneh😀 ).

So, what’s your comment?

Salam, Dea.

One thought on “Maraknya SMS Premium Call

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s