Beranda » Opini » Kecolongan Meja-Kursi Sekolah di Tengah Janji Pendidikan Gratis

Kecolongan Meja-Kursi Sekolah di Tengah Janji Pendidikan Gratis

Hai!

Lama banget sejak terakhir kali aku update tulisan; aku lebih rajin bikin review halaman dibanding tulisan. Judulnya kepanjangan ya, padahal opiniku cuma sedikit, hehe..😀

Kali ini aku cuma mau urun pendapat sedikit mengenai kasus penyitaan meja-kursi sekolah di sebuah SD di Malang sono. Tentunya kita semua sudah mendengarnya, bahwa meja-kursi di SDN II Simojayan, Malang disita oleh para perajinnya karena alasan belum dibayar oleh pemerintah kabupaten Malang. Para murid dan guru menangisi kehilangan itu, dan bahkan sampai menggelar isthighazah atau doa bersama.

Sungguh menyedihkan kelihatannya (apalagi karena media nasional terus menerus menyorot berita itu, dan memaparkannya dengan jelas sebagai bentuk ketimpangan dalam dunia pendidikan kita😦 ), melihat anak-anak yang seharusnya terjamin pendidikannya justru terlunta-lunta (atau dilunta-luntakan) hanya karena birokrasi yang njelimet.

Kasus itu menjadi semacam arang yang mencoreng wajah dunia pendidikan kita. Sudah sejak lama para petinggi di atas kursi pemerintahan sana menyatakan bahwa pendidikan adalah hal terpenting yang harus diupayakan dalam masyarakat. Bahwa mereka dalam janji-janji muluk mereka, akan berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikan kita… tetapi mengapa hal seperti ini masih terjadi juga??

Kita kecolongan. Padahal ini masih masa kampanye parpol menjelang Pemilu di negara kita, eeehhh, di tengah-tengah sesumbar janji muluk untuk mengadakan pendidikan gratis (yang banyak diucapkan oleh sebagian besar parpol di Indonesia), kasus memalukan semacam ini malah terjadi. Seharusnya para politisi kita itu menoleh ke arah situ, daripada sibuk berkampanye nggak jelas dan mengotori jalanan dan lapangan, kenapa nggak mencoba untuk mencari solusi cerdas untuk mengantisipasi hal serupa yang mungkin akan ada lagi di masa depan??

Janji-janji parpol tidak lebih hanya kata-kata manis belaka, bagiku, lebih baik bila mereka mencoba untuk memberikan solusi nyata dan cerdas dalam menangani permasalahan bangsa kita. Cobaaa kalo mereka para petinggi parpol itu nyadar yaa, sebelum bikin janji untuk mengadakan pendidikan gratis, mereka harusnya mencoba untuk membenahi dulu apa yang sudah ada dan meningkatkan mutu pendidikan Indonesia secara nyata.

Kebanyakan ngomong absurd nggak baik untuk kesehatan lho😛

Salam, Dea.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s