Beranda » Opini » Setujukah Anda dengan Tarif dan Jadwal Kereta Commuter Baru??

Setujukah Anda dengan Tarif dan Jadwal Kereta Commuter Baru??

Pertanyaan itulah yang patut saya tanyakan pada Anda sekalian sesama pengguna kereta listrik commuter Jabodetabek.

Tanggal 2 Juli 2011 nanti, resminya PT KAI dan PT KCJ akan memberlakukan sistem Single Operation atau kereta, baik ekonomi non AC dan AC, akan berhenti di setiap stasiun persinggahan. Kereta ekspres dan ekonomi AC akan dilebur menjadi satu dan berganti nama menjadi kereta Commuter Line (CL). Tarifnya akan menjadi sama saja (flat) dekat atau jauh, yaitu sebesar Rp 8.000 untuk lintas Jakarta-Serpong dan sebaliknya, dan Rp 9.000 untuk lintas Bogor-Jakarta dan sebaliknya, serta Rp 9.000 untuk lintas Tangerang-Jakarta dan sebaliknya.

Jujur saja, saya akui bahwa sistem ini cukup bagus (meski memperlama waktu perjalanan menjadi 15-30 menit per perjalanan dan memangkas sejumlah jadwal perjalanan). Dengan adanya sistem ini, maka para pemakai jasa kereta api tidak perlu menunggu kereta saling susul-menyusul karena kereta tersebut tidak berhenti di stasiun yang bersangkutan. Jadinya, penumpang bebas menaiki kereta mana pun yang singgah di stasiun, karena kereta akan lebih banyak ‘beredar’ di stasiun.

Namun, perlu dilihat juga kerugian yang terjadi akibat pemberlakuan sistem baru ini. Pertama, tentunya masalah tarif. Pada rencana tarif baru ini, tarif akan menjadi sama rata atau flat sebesar Rp 8.000 – Rp 9.000 sekali perjalanan. Bagi para (mantan) pengguna kereta ekspres, hal itu tentunya tidak menjadi masalah, karena tarif tersebut tidak berubah dari tarif normal ekspres, dan untuk kasus kereta trayek Jakarta-Bogor dan sebaliknya (Pakuan Ekspress) harga justru mengalami penurunan. Tetapi, masalah dialami oleh pengguna setia kereta ekonomi AC, karena tarif naik tajam sebesar kurang lebih 90 %, dari yang semula Rp 4.500 (Serpong-Jakarta dan sebaliknya) dan Rp 5.500 (Bogor-Jakarta dan sebaliknya) menjadi Rp 8.000 dan Rp 9.000.

Masalah kedua, adanya beberapa jadwal yang dihilangkan–dimana waktu perjalanan tersebut merupakan waktu atau jam sibuk bagi para komuter Jabodetabek. Sebagai contoh, jadwal perjalanan kereta ekspres Sudirman yang berangkat sore hari dari Stasiun Manggarai, biasanya tersedia pada jam 17.28 dan 18.15. Pada jadwal baru, kedua jadwal perjalanan tersebut dihilangkan. Bisa dibayangkan penumpukan penumpang, yang sebagian besar para karyawan yang bekerja di kawasan Sudirman-Thamrin, yang terjadi pada kereta commuter line yang berangkat dari Stasiun Manggarai pukul 18.25!

PT KAI dan PT KCJ, tentunya, sebagai badan negara memiliki niat dan itikad baik dalam memperbaiki dan memajukan sistem transportasi perkeretaapian di Indonesia. Tetapi jujur saja, solusi yang mereka galakkan dalam bentuk sistem SO dan pemberlakuan tarif baru ini justru berpotensi memicu timbulnya masalah-masalah baru–yang akarnya merupakan masalah lama yang kerap terjadi di Indonesia. Reaksi pro-kontra (sebagian besar kontra, termasuk sayašŸ˜¦ ) sudah terjadi di beberapa stasiun persinggahan utama di kawasan Jabodetabek.

Jadi, mari kita lihat tanggal 2 Juli dan seterusnya nanti, apakan memang benar sesuai janji PT KAI dan PT KCJ, bahwa arus transportasi kereta api di wilayah Jabodetabek akan menjadi efisien dan lancar? Atau justru akan terjadi masalah dan kekacauan baru?? Wallahu alam.

Bagi mereka yang ingin mendownload jadwal baru, klik saja di link di bawah ini :

Jakarta – Tangerang

Jakarta – Serpong

Serpong – Jakarta

Jakarta – Bogor (1)

Jakarta – Bogor (2)

Bogor – Jakarta (1)

Bogor – Jakarta (2)

Jakarta – Bekasi

Bekasi – Jakarta

Jika link bermasalah, langsung masuk situs resmi KRL Commuter saja di www.krl.co.id.

Semoga bermanfaat. Sebagai pengguna rutin kereta commuter, jujur saja saya sangat mengharapkan adanya telaah ulang bagi pengadaan sistem jadwal dan tarif baru ini, agar tercapai kenyamanan bagi para pengguna jasa kereta commuter sekalian.

Salam, Dea.

 

NB. WORO-WORO!!!

Ada pemberitahuan tarif baru, yang merupakan hasil perundingan antara PT KAI dan PT KCJ dengan komunitas KRLMania. Tarif Commuter Line (CL) sedianya akan mengalami penyesuaian, yaitu Jakarta-Serpong atau sebaliknya menjadi Rp 6000, Jakarta-Bogor atau sebaliknya menjadi Rp 7000, Jakarta-Tangerang atau sebaliknya menjadi Rp 5500, Jakarta-Depok atau sebaliknya menjadi Rp 6000, dan Jakarta-Bekasi atau sebaliknya menjadi Rp 6500.

Alhamdulillah!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s