Beranda » Aneka Rupa » Enjoy Your Work!

Enjoy Your Work!

Hey. Lama gak jumpa.
Sebelumnya saya sudah pernah menulis tips singkat tentang berbelanja a la saya🙂
Kali ini saya akan menulis mengenai tips menikmati kerja a la saya.
Bagaimana cara saya menikmati kerja? Idealnya, tentu kita ingin bekerja sesuai dengan passion kita, ya kan? Tapi bagaimana jika kita tidak memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan passion kita? Bete ga sih?
Bila resign tidak menjadi pilihan kita, dengan apapun alasannya, maka hal yang bisa kita lakukan, at least, kita harus menciptakan suasana yang menyenangkan dalam bekerja. Dalam suasana enjoy, maka kita akan asyik dalam bekerja.
#1: Buat minuman favoritmu.
Teh, kopi, coklat, apapun minuman favoritmu, bawa dan buatlah untuk mengawali dan menemani harimu di kantor. Jujur saja, secangkir teh panas sebelum bekerja di pagi hari benar-benar mengangkat mood saya satu hari penuh. Asyik lagi bila punya cemilan. Tapi ingat, jangan pelit berbagi ya bila punya cadangan minuman atau cemilan berlebih.
#2: Awali dengan senyum lebar.
Ini petuah sederhana dan klasik. Pagi yang dimulai dengan senyum bisa mengangkat moodmu selama bekerja sehari penuh. Misalkan saja ada kejadian yang menggelapkan moodmu di awal hari, pergilah ke toilet dan tersenyumlah lebar-lebar. Yakinlah bahwa mendung akan berlalu dan hari cerah akan datang.
#3: Putar musik kesukaanmu.
Beruntunglah kalian yang diperbolehkan memutar musik di ruangan kerja! Bebaskanlah dirimu dan putarlah musik yang catchy dan asyik. Jangan takut menyanyi mengikuti lagu. Nikmati harimu dengan bergoyang mengikuti alunan musik. Bila tempat kerjamu tidak memperbolehkan memutar musik, tidak usah sedih. Kau bisa menggunakan earphone dan pemutar musik kesayangan, asal jangan terlalu keras ya, takutnya pas dipanggil bos, kau tidak dengar. Bisa gawat nanti.
#4: Kustomisasi dan rapikan meja kerjamu.
Percaya atau tidak, meja kerja yang rapi dan bersih bisa menaikkan mood kerja lho. Jangan pelit meluangkan waktu untuk membersihkan meja dari kotoran kecil nan remeh seperti bekas rautan pensil, sobekan kertas, dsb. Investasi alat tulis atau wadah pulpen yang lucu juga bisa meningkatkan semangat kerja. Jangan lupa untuk memberi nama tiap-tiap alat tulismu ya, takutnya hilang. Simpan alat-alat tulis pribadimu dengan baik setelah kerja. Jika bisa, selama tidak kepepet banget, alat tulis pribadi tidak usah dipinjamkan ke orang lain. Kesannya pelit ya, tapi hal itu bisa menjaga keawetan alat tulismu.
#5: Pilih kelompok temanmu dengan seksama.
Kita wajib kudu musti fardhu ain bersikap ramah pada semua orang tanpa kecuali di kantor, mulai dari tingkat paling bawah sampai dengan para bos. Sikap ramah dan baik merupakan aset terbesar selain performa kinerja yang baik lho. Meski begitu, kita juga harus selektif menentukan kawan. Bukan berarti kita mencari lawan, tetapi bila kita berjumpa dengan orang yang menyebalkan di tempat kerja atau bahkan, God forbid, kita satu tim dengan manusia semacam itu, kita harus bisa menyikapinya dengan bijak. Pilih kelompok teman yang mana dirimu merasa enjoy ketika bekerja atau mengobrol. Jika tidak bisa menjadi satu tim, setidaknya kita punya harapan untuk bisa makan siang bareng dengan kelompok kawan kita tersebut. Meski begitu kita harus selalu ingat untuk tidak bersikap eksklusif terhadap orang-orang di luar kelompok kita.
Yap, itu beberapa saran atau tips dari saya. Memang kedengarannya ideal ya, tetapi bila kondisi kita tidak memungkinkan untuk resign, maka tips-tips kecil ini bisa diterapkan. Bila kondisi kerja sudah tidak memungkinkan bagi kita untuk bertahan, maka, mungkin nih, mungkin sudah saatnya kita berpikir mengenai resign dari pekerjaan.
Bagi PNS, hmm, saya turut bersimpati, karena saya juga PNS dan kondisi lingkungan kerja saya juga tidak ideal. Saya berusaha untuk mengurangi kejenuhan dan “kekesalan” saya dengan tips-tips seperti di atas. Dan sejauh ini, hal tersebut cukup membantu lho.
Semoga bisa membantu kalian juga ya.
Salam.
Dea.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s