Beranda » Aneka Rupa » Dirimu Sesuai Minuman Favoritmu

Dirimu Sesuai Minuman Favoritmu

Hei.

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara-cara mengatasi kejenuhan di kantor, ya kan? Salah satunya adalah dengan membuat minuman favoritmu dan menikmatinya sembari mengerjakan pekerjaan kantor. Dengan mengesampingkan minuman lainnya semacam jahe panas, soda, dan lain sebagainya, di sini kita akan mengacu pada minuman panas yang biasa dikonsumsi orang di kantor, yaitu teh, kopi dan coklat panas.

Lalu kira-kira bagaimana sih kepribadian orang-orang peminum tiap jenis minuman tersebut?


Kopi

coffee1Peminum kopi kebanyakan laki-laki, meski sebagian perempuan juga menyukai minuman pahit ini. Kekuatan terbesar kopi terletak pada zat aktifnya yang bernama kafein. Zat ini terkenal sebagai zat ‘pembangun’ alias bikin orang melek setelah dikonsumsi, dan bisa mengakibatkan adiksi bila dikonsumsi secara rutin. Kopi juga sering disebut sebagai jenis drug tertua dan legal yang dikonsumsi manusia.

Manusia adiksi kopi—soalnya dibilang pencinta kopi sudah gak relevan lagi saking tergantungnya mereka akan kopi—bisa dikenali dari mood negatif mereka di pagi hari apabila mereka tidak mendapat asupan kopi harian mereka. Mereka lebih garang dibanding singa dan super moody abis bila mereka belum minum kopi. Setelah minum kopi, mereka akan tampil bagaikan orang lain, seolah-olah punya kepribadian ganda.

Peminum kopi umumnya orang-orang dengan tingkat produktivitas tinggi, senang berdebat dan mengobrol (makanya hobi nongkrong di kafe dan warkop), punya rasa kompetisi tinggi dan dinamis. Mereka menonjol di dalam kelompok mereka dan memiliki sederet prestasi untuk menunjukkannya. Pendek kata, mereka pengejar prestasi. Umumnya mereka didominasi orang-orang ekstrovert.

Orang introvert yang pehobi kopi biasanya keras kepala, punya daya kreativitas tinggi, idealis, dan merupakan seorang orator yang baik, meski tidak terlalu hobi mengobrol atau kumpul bareng di kafe. Mereka senang membuat kopi sendiri, punya merk atau racikan kopi khusus, dan rela menyisihkan uang demi membeli coffee maker berkualitas bagus.

Satu nasihat bagi mereka yang non peminum kopi dalam menghadapi para peminum kopi: Never, and I mean, never, ever, get close and talk to them when they don’t have their dose of coffee yet! Bisa berbahaya! Zona merah tingkat tinggi! Mereka bisa meledak hanya karena hal-hal sepele. Pokoknya pastikan mereka mendapatkan dosis kopi mereka dan setelah itu, kondisi akan relatif aman sentosa sejahtera untuk seterusnya.

Teh

teaTeh sangat bagus untuk berdiet. Oleh karena itu, peminum teh sebagian besar perempuan, meski laki-laki juga cukup banyak yang hobi minum teh. Zat aktif teh antara lain polifenol, tanin dan kafein. Karena sama-sama mengandung kafein, teh juga bisa digunakan sebagai minuman ‘pembangun’ yang bikin melek mata, meski tidak sekuat kopi.

Tanin adalah zat yang berasa kelat atau sepat, yang menjadikan ciri khas rasa teh di lidah. Fungsi utamanya adalah menggumpalkan protein, oleh karena itu minum teh pahit setelah makan sangat tidak dianjurkan. Efek penggumpal protein itu membuat teh menjadi salah satu pertolongan pertama bagi orang yang baru saja dipatuk ular. Fungsi tanin tersebut berkurang oleh adanya gula, sehingga minum teh manis setelah makan sebenarnya tidak terlalu masalah.

Peminum teh tingkat tinggi sanggup meminum bergelas-gelas teh tanpa keluhan berarti. Mereka biasanya memiliki temperamen yang lebih stabil dan tenang dibandingkan peminum kopi. Mereka juga tidak memiliki adiksi terhadap minuman mereka (setidaknya yang kelihatan). Peminum teh umumnya orang-orang yang sabar, pendamai, tidak terlalu menyukai konflik dan kontroversi, idealis, dan santai dalam menjalani hidup. Umumnya mereka didominasi orang-orang introvert. Para manusia introvert pehobi teh banyak yang melankolis dan berjiwa puitis serta memiliki kepekaan seni tinggi.

Orang ekstrovert yang pehobi teh cenderung lebih santai dalam menjalani hidup dibandingkan kawan ekstrovert mereka yang pehobi kopi. Mereka senang berkumpul bersama kawan-kawan dan keluarga, serta merupakan pribadi yang ramah dan tulus. Biasanya mereka lebih menyukai kegiatan outdoor dibandingkan pesta. Mereka pembicara yang handal dan, meski tidak agresif, mereka bisa sangat persuasif.

Coklat

gay dad coffee cupPeminum coklat biasanya perempuan, karena coklat berasa manis dan legit, rasa yang biasanya tidak terlalu disukai kaum pria. Secara kuota, jumlah peminum coklat lebih sedikit dibandingkan peminum kopi atau teh. Zat aktif andalan coklat adalah teobromin, kafein, dan phenethylamine. Kombinasi zat alkaloid ini meningkatkan kadar serotonin dalam otak sehingga menimbulkan sensasi menenangkan bagi tubuh. Teobromin sendiri disinyalir dapat menurunkan tekanan darah pada jantung, meski penelitian masih harus dilakukan lebih lanjut untuk mengetahui efek konsumsinya dalam jangka panjang.

Pehobi coklat panas umumnya pribadi-pribadi yang hangat, ramah, penuh perhatian dan senang untuk bersenang-senang. Mereka senang menjalani hidup sesuai apa adanya, santai dan tidak terlalu menyukai aturan yang ketat. Umumnya mereka didominasi oleh orang-orang ekstrovert. Biasanya mereka menyukai pesta seperti halnya kawan mereka ekstrovert pehobi kopi, meski tidak terlalu ‘liar’ dan lebih ke arah gathering biasa. Daya kreativitas dan imajinasi mereka cenderung tinggi.

Para introvert pehobi coklat biasanya lebih romantis dan puitis dibandingkan kawan mereka pehobi teh. Mereka senang duduk berdiam diri sambil menyesap minuman favorit mereka dan membaca, mendengarkan musik mellow, atau melamun. Banyak dari mereka yang memiliki jiwa filosofis yang tinggi. Khayalan mereka setinggi langit, meski upaya untuk menggapainya biasanya tidak terlalu terlihat. Selera fashion mereka biasanya unik atau lain dari yang lain dan cenderung mewah.


Haha, begitulah ‘analisis’ku mengenai tipe-tipe kepribadian orang sesuai minuman favoritnya. Ingat ya, ini hanya pengamatan pribadiku saja, tidak usah dianggap serius. FYI, diriku adalah peminum teh dan seorang introvert, jadi analisis introvert pehobi teh itu kurang lebih gambaran diriku.

Yang merasa bahwa, “Ah, gue gak gitu-gitu amat ah,” yaa, sudahlah, jangan dimasukkan hati. Aku cuma iseng kok.

Yang merasa bahwa, “Wah, kok bener ya,” juga, yaa, sudahlah, itu bukan hal yang pasti kok. Syukurlah kalo bener.

Salam.

Dea.

Sumber: dari berbagai sumber.

2 thoughts on “Dirimu Sesuai Minuman Favoritmu

  1. Lagi browsing watercolor, malah nemu ini.. Hihihi..😀
    Aku penyuka hot choco & teh ijo anget nih.. Kopi instant anget kadang2 aja kalau kepengen begadang (tp tetep aja ngantuk) hehe.. :v
    Btw, most of them are true lho.. (halah! emang dasarnya aja aku plegmatis-melankolis :v)
    Sesama hobbyist artist, salam kenal yaa..😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s