Beranda » B’T X

B’T X

kayaknya ini kover CD lagunya ya… Ron (biru), Karen (cokelat), Fou (merah), Hokuto (kuning), tengah : Teppei dan X

Ini adalah manga karangan Masami Kurumada, mangaka Saint Seiya yang legendaris itu (yang umurnya sama ama gue, dibuat tahun 1986), diterbitkan tahun 1998, jumlah manganya 16 volum, sementara animenya 25 eps dan OVA berjudul B’T X Neo sebanyak 14 eps.

Ceritanya cukup sederhana dan heroik khas Kurumada-sensei, yaitu mengenai seorang pemuda bernama Teppei Takamiya yang berjuang menyelamatkan kakaknya, Kotaro Takamiya, yang diculik sebuah koloni atau organisasi raksasa bernama Machine Empire.

Machine Empire merupakan organisasi yang sangat maju dalam hal teknologi robot. Robot-robot mereka yang istimewa disebut dengan nama B’T, merupakan intisari dari Brain, Blood, Bravery, dan Battler. Brain, karena mereka memiliki Artificial Intelligence terbaik dan kepribadian tersendiri, berbeda dengan robot biasa. Blood, karena sumber energi mereka adalah darah manusia yang menjadi donor mereka. Bravery, karena kepribadian mereka yang tangguh dan kuat. Battler, karena mereka adalah mesin petarung yang unik, kuat, dan jenius.

Kotaro Takamiya yang merupakan jenius dalam hal robot diculik oleh ME untuk dimintai tolong memecahkan masalah yang ditimbulkan oleh mereka ketika menciptakan B’T terkuat mereka, Rafaello. Rafaello, sebagai B’T terkuat, telah tumbuh melebihi kemampuan penanganan mereka. B’T ini memiliki wujud seperti amoeba raksasa dan berkemampuan menyerap segala sumber daya makhluk hidup dan lingkungan di sekitarnya.

Teppei yang mengejar sampai lokasi ME di tengah gurun Gobi, sampai di daerah junkyard B’T di sekitar area utama. Ketika dikonfron oleh Lt. Metalface, salah satu ajudan ME, darahnya secara tak sengaja membangkitkan salah satu B’T terkuat yang pernah ada, yaitu X, berwujud kirin berwarna keperakan.

X merupakan B’T milik Karen, salah satu Shireisou (Jendral 4 Arwah, Indonesianya…) penjaga area bagian barat. Karen membelot terhadap ME, ketika mengetahui bahwa ME berniat menghancurkan manusia dan menguasai dunia. Ia kabur sambil membawa potongan sel Rafaello sebagai bukti kejahatan ME, yang akhirnya diberikannya kepada Hokuto, rekannya sesama Shireisou di utara, untuk diteliti dan dijaga. Di tengah pelariannya, ia dihadang Fou Lafine, Shireisou selatan, dan dikalahkan (kayaknya sih… meski Fou setengah hati melakukannya🙂 )

X menjadi rongsokan sementara Karen menghilang. Teppei yang waktu itu masih bocah sempat menyelamatkan Karen, meski akhirnya sekarat karena dilukai oleh Metalface. Karen menolongnya dengan mendonorkan darahnya langsung pada Teppei (kebetulan banget tuh, gol. darahnya sama😀 ). Oleh karena itu, X terbangkitkan lagi karena darah Karen mengalir di dalam tubuh Teppei. Dalam cerita ini, B’T hanya bisa didonori oleh satu orang seumur hidupnya dan hanya akan mengenali darah dari si donor saja. B’T akan menolak darah orang lain yang bukan donornya, meski golongan darahnya sama.

Meski awalnya sempat meradang karena yang membangkitkannya lagi bukanlah Karen, X akhirnya bisa menerima Teppei sebagai ‘donor kedua’nya. Menembus area demi area untuk mencapai pusat area tempat Kotaro dikurung, Teppei dan X harus menghadapi berbagai macam musuh yang sangat kuat dan B’T mereka. Pada akhirnya, Fou, Hokuto, Karen, dan Ron, Shireisou timur, bergabung dengan Teppei untuk memusnahkan Rafaello.

Menurutku, dibandingkan Saint Seiya yang hiatus dan ending sementaranya tragis banget, B’T X cukup keren. Dari segi gambar, jauh lebih rapi dan teratur dibandingkan SS. Di Indonesia sini, baru terbit sampai 11 volum. Itu juga nyari volum 9 ke bawah syusyahnya Naudzubillah!!! Aku sampai keliling Gramedia wilayah Bogor dan BSD-Tangerang cuma untuk dapet nomor 10. Volum 6 dan 7 belum kudapat. Ada yang berminat menjualkannya padaku atau menunjukkan lokasi dijualnya?? Tapi di sekitar area Jakarta-Tangerang saja ya, males jauh-jauh😀

Fakta-fakta B’T X yang kutahu😀 :

1. Karen menyukai Fou, sementara Fou (sepertinya) menyukai adik Karen, Karin. Susah deh…

2. Hokuto seorang dokter dan ahli mesin. Ia ahli memperbaiki mesin, meski tidak sejenius Karen yang mampu menciptakan B’T sendiri (similar dengan X, kirin hitam bernama Shadow) dengan peralatan sederhana.

3. B’T Hokuto bernama Max, berwujud kura-kura ular atau genbu. B’T terbesar, menurutku sih, kalau kau tidak menghitung Lalainya Hydra milik Mislim, dan memiliki defence guard system terkuat.

4. Hokuto menderita leukimia dan usianya tinggal beberapa bulan lagi. Di akhir cerita, ia sekarat dan meninggal (belum sempat liat nih!!😦 )

5. Fou Lafine seorang pendeta (meski kayaknya gadungan deh… masak ada pendeta yang atheis macam dia??). Ia juga seorang jenius musik, yang jago main biola dan piano.

6. B’T Fou bernama Jet’Aime, berwujud suzaku atau phoenix. Merupakan B’T dengan serangan gelombang ultrasonik terkuat.

7. Ron adalah yang terkuat di antara Shireisou, paling gagah (menurutku…), dan pemimpin Shireisou. Masa lalunya yang paling misterius dan tidak pernah diungkapkan di dalam cerita ini.

8. B’T Ron bernama Raidou, berwujud naga. Memiliki serangan petir dan (menurutku lagi) merupakan B’T tergesit di antara B’T para Shireisou.

9. Komandan area pusat bernama Mayor Aramis, seorang wanita yang berpakaian seperti laki-laki. Ia teman masa kecil Ron. B’Tnya bernama Rosemary, berwujud tawon raksasa.

10. Perwakilan Kaisar Mesin yang dianggap sebagai dewa adalah anak kembar bernama Misha (kakak laki-laki) dan Nasha (adik perempuan). Usia mereka sudah tua banget lho, yaitu 300 tahun! Mereka juga memiliki kekuatan supernatural melebihi manusia biasa. B’T mereka berwujud anjing bernama Zeta dan Sita.

11. Misha memiliki bawahan berupa 7 Jenderal Iblis yang diketuai oleh Juggler, si Badut (ralat aku bila salah — aku tidak suka mereka semua, kecuali Meimu).

12. Teppei memiliki penampilan dan karakter yang mirip Seiya, hanya saja dalam versi yang lebih dewasa sedikit…

13. Meimu, yang salah satu dari 7 Jenderal Iblis, merupakan kakak Hokuto yang dikira sudah mati, bernama Subaru. Sepertinya, Kurumada-sensei memberi penghormatan kepada CLAMP, dengan menggunakan nama karakter mereka (Subaru dan Hokuto dari Tokyo Babylon) sebagai nama karakternya. Maklumlah, CLAMP di masa awal debut mereka sebagai doujinshika, pernah membuat doujinshi bertema Saint Seiya, menunjukkan mereka juga menyukai karya Kurumada-sensei tersebut.😀

14. Kotaro Takamiya merupakan jenius di usia yang masih sangat muda, yaitu 16 tahun. Teppei hanya 2 tahun di bawahnya.

15. Untuk memusnahkan Rafaello, yang tidak bisa dimusnahkan dengan cara fisik apapun juga, dibutuhkan cahaya dalam jumlah besar. Cahaya berupa The Great Light ini tersimpan di bawah pohon tempat tinggal Kotaro dan Teppei semasa mereka kecil, yang akhirnya berhasil diperoleh Karen dengan bantuan dan pengorbanan Metalface. Great Light ini dipadukan dengan rumus perhitungan komponen sel Rafaello yang dikerjakan oleh Kotaro (dengan bantuan segenap ilmuwan di Under Hell-penjara bawah tanah- akhirnya bisa selesai juga😀 lebay deh…) bisa menghancurkan Rafaello sepenuhnya.

16. Metalface, sepertinya, menyukai Karen. Susah deh…

17. B’T Metalface bernama Madonna, berwujud triceratops. Termasuk B’T kelas berat (gendut sih…😛 )

Untuk info lebih lanjut, buka aja page fansite B’T X bahasa Indonesia di http://shireishou.tripod.com/

Meski infonya agak beda, tetapi sebagai sesama penggemar B’T X, gak papa deh, gak masalah.

Salam, Dea.

Dari berbagai sumber.

N.B. Ada yang punya animenya gak?? Atau OVAnya?? Mau dong…:mrgreen:

33 thoughts on “B’T X

  1. film Bt’X udah selesai, download aja di indowebster.com, formatnya rmvb dg ukuran rata2 70Mb.

    emang anime Bt’X keren banget, salah satu anime paling aku suka waktu kecil.

    cuma kok akhirnya kurang jelas gitu ya, apa kesemua shireisou itu tewas dalam usaha menghancurkan rafael? memang rafael akhirnya berhasil dihancurkan, tapi bagaimana nasib mereka yg berusaha mengalahkannya?

    pada adegan2 akhir pertarungan melawan rafael, memang terlihat fou dan ron dikalahkan oleh rafael, sementara teppei, X, hokuto, karen, dan Max serta Shadow yang sedang berusaha keras akhirnya tidak mampu menghancurkan rafael dan jatuh, namun berikutnya kotaro memberikan (melemparkan) cahaya The Great Light kepada teppei dan tepat sesudahnya, kotaro berteriak memanggilnya.. teppei dihancurkan oleh rafael. tapi cuma sampai sana, lalu ending-nya yg diketahui cuma fou sepertinya sudah mati (karena penggesek biolanya sudah disimpan di gereja tempat dia mengasuh anak2 korban perang), juga teppei sepertinya sudah mati, karena karin menceritakan kisahnya sebagai pahlawan besar. ga jelas.

    hehe, sori ya kepanjangan. btw thx infonya.

  2. Wa.. makasih bgt nich dah ngingetin masa kecil aku dulu…
    dulu sewaktu aku umur 4 tahunan, anime yang palng aku suka ya BT-X ini…
    Pertama kali ditayangin di SCTV, kalo ga salah sih tiap hari Senin – Jum’at jam 3an sore…
    Kepada sampai hari ini, ga ada stasiun tv yang mau nayangan anime seru ini lagi yah…^_^x
    (Moga-moga ada redaksi stasiun tv yang baca komen ini…)

    Thank’s bwat infonya ya!

  3. betul, jadi keinget masa kecil: BT X adalah salah satu serial favoritku.sudah lama, jadi nggak jelas lagi ceritanya bagaimana, tapi aku masih ingat mecha-nya.kereeeen…

  4. HUOOOOOOOOOOOOOOOOOO artikel B’T X pake bahasa Indonesia. AKU TERHARUUUUUUUUUUUUUUUUUUU

    Pertama2, maaf pake nama ‘Shireishou’ krn itu aku putuskan (dengan seenaknya) menjadi nick nameku di Internet. Dan FYI, web yg kamu buat itu dah JADUL BANGET! Aku bahkan dah ga inget login ID ama passwordnya apaan. Ada web yg baru, tp lg down. maklum hosting gratisan. nanti kucari tmpt yg bagus buat update webku.

    Soal manga, udah dpt smuanya? Dah sampe 16 kan? Aku HILANG NIH! Semprul sia. Pas pindahan kos, kan di pack dlm 1 kardus barengan ama VCD originalnya. Nah.. 32 buku B’t X (Tiap volume aku beli 2 untuk dibaca dan masih tersegel), yg ada cm 3 volume. Mohon doanya supaya ketemu. kalau engga, saya bs nangis darah

    Komen panjangan dikit boleh tak?

    Soal trivia2mu

    1. Karen itu sebenernya couplenya teppei. Dia cm khawatir ama karin. naksir fou mungkin jg sih. tp kalau di Jpg, karen sll di cpuple ama teppei

    2. Weits… Hokuto itu julukannya Master Doc. The best doctor di machine empire. Lihat betapa jeniusnya dia di vol 13 waktu lawan Phoe. tp dia sangat rendah hati dan sll mengakui org lain lbh jenius dr dirinya. LOV him so much

    3. B’T Rosemary nya Aramis jg na’udzubilla gedenya. lol

    4.Aku nangis darah pas hokuto muntah darah dulu. HUEEEEEEE (hugs him)

    5. Pendeta suka membunuh, atheis, dan dingin banget. AGREE. eheheh

    7. eh? LEadernya Shireishou? Tau dr manakah? Aku br tau nih. ehehe aku ga pernah sadar ada leader2an di sini

    9. Aramis itu naksir Ron dan begitupula sebaliknya. How cuteeeeeeeeeee

    11. Sebenernya juggler bukan ketua Shichimashou. Dia cm leader ‘project senang2 misha dlm membunuh teppei dan shireishou’. aku suka umh…. meimu (secara kakaknya Hokuto), Quatro (aku sampe mau cosplay jd dia) ama Phoe.

    13. hoo baru tau aku. soalnya Subaru ama Hokuto sebenernya artisnya kan rasi bintang utara ama rasi bintang pleidas. Hokuto diberi nama beitu krn luka dipunggungnya yg membentuk rasi bintang utara. ^^

    15. rumusnya cuman e=mc 2 parah dah wahahaha

    16. cinta sepihak yg tragis

    LOVELY article of you. Makasih banyak. aku gl iseng nyari2 soal B’t X dan ga nyangka ketemu ini. Dah lama aku ga searching2 B’t X. wakakakaka

    Salam kenal yah. DA nya masih aktif?

    • WHOOAAAHHH!!!
      Ehehehe, makasih atas komennya yang panjang! Gw doain deh supaya komiknya ketemu. Punyaku sudah lengkap 16 biji, alamak nyari nomor-nomor awalnya susah banget, sampai keliling Bogor n Tangerang (lebay see…:P)
      Soal Trivia, ada beberapa yang kutebak-tebak sendiri dan ada yang baca dari wikipedia. di wiki kayaknya disebut kalo Ron itu pemimpin 4 orang itu, ehe, jadi kutulis aja begitu. soal anime, aku cuma beli yang OVA kedua, OVA pertama gak kubeli.
      jujur saja, ending manga maupun anime kurang memuaskan, ya nggak sih?? menurutku, kelemahan Masami Kurumada adalah dia kurang memperhatikan hubungan antar karakter dan karakterisasi tiap karakternya. ceritanya keren, seru, dan heroik (kayak Saint Seiya) tapi karakternya generik dan endingnya kurang memuaskan. yah, cuma sekedar omong-omong sih, aku tetap senang baik BT’X maupun SS.
      DAnya masih aktif, tapi aku lagi nggak upload, scannerku crash. padahal banyak gambar nih…

      • Ketemu… Tinggal hilang 2 saja. Vol 13 yg di segel dan vol 15 yg dibuka. Kmana yah mereka. cih

        Wiki kadang menyesatkan bwahahah

        Endingnya nyebelin. masa cuman teppei yg selamet dr ledakan itu? Ga trimaaaaaaa
        m4nganya komplex menurutku. Cuman endingnya kayaknya terburu2 gitu.

        Tp herannya aku cinta mati. bwahahaha

        kmaren aku baru aja pake baju Hokuto ke event cosplay. lol

        sini upload gamabrnya ^^ aku pingin lihat. or mau ikutan project tarot B’t X?

      • syukur deh. iya bener, ending manganya kurang memuaskan, tapi ending animenya lebih dramatis sih. kayaknya pas animenya selesai, manganya belum sempat kelar deh… soalnya terjadi divergensi…
        aku suka sih, soalnya cerita bt’x lebih bisa diterima dibandingkan saint seiya. kalo SS, hmm…aku sebel sama saori, gak tau kenapa.
        suka cosplay ya? aku gak ada modal dan postur untuk cosplay sih, jadi yaah…cuman seneng baca n gambar aja.
        gambarnya masih raw, belum discan, scannerku crash😦
        kebanyakan gambarku gambar orisinal sih…kalo project tarot, mungkin nanti pikir-pikir dulu, tapi thanks sudah menawarkan.

  5. manganya kelar thn 1996 deh. sebelum animenya nongol. kalau ga salah inget.
    ahaha aku jg ga suka saori. ga tau knapa. dan banyak yg merasakan hal yg sama. aku suka SS sampe asgard aja. setelah itu dah makin aneh. lol
    aku jg engga. cuman aku suka ajac. cosplay ga harus cantik/cakep kok. ini lg pada mau baut project cosplay b’t X. yg baru mau kayaknya Hokuto, kotaro, teppei, karen, fou, karin. aku ada baju quatro sih. cm malas buat spetral metalnya. lol

  6. film kesayangan tuh BT-X,,,,film yg menyentuh,,nonton episode terakhirnya ja sampe kluar air mata,,cz kayak nya smua pejuang nya mati termasuk fou,,salah satu tokoh yang paling banyak di minati

  7. ah, ini dia favorit sepanjang masa… ane duduk manis tiap rabu jam 14.30 di depan tipi buat liat ini….

    menurut gw anime nya ga bertele-tele, masalahnya kan ada di sekitar machine empire aja.

    dan thanks jg udah share link downloadnya yaaa ! buat dakedo dan yg empunya blog erisuko

  8. Neh … Ane suka banget Anime ini …
    Apalagi musuhnya yang kayak Badut , Juggler …
    Fou juga keren ,, Dan yg posisinya digantikan Juggler Aramis kalau gk salah namanya ….

    • Aramis itu atasan Juggler, dia teman lama Ron. Iya, keren banget, sayangnya Masami Kurumada kalau bikin cerita kurang dramatis, isinya cuma perang minus detail emosi. Kayaknya Saint Seiya juga gitu ya? Kayak ada yg kurang…gimana gitu…🙂

  9. yang paling ku suka adegan Aramis bertarung dengan Juggler.. Keren!! Btw, aq msh gk ngerti hubungan Misha dgn Nasha gmn? Apakah mereka adik-kakak atau sepasang anak kecil yg terlibat cinta lokasi saat perang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s