Beranda » GOTH

GOTH

230px-gothmanga2

kover novel

goth_yoru_itsu1

goth_itsuki_yoru1

Itsuki Kamiyama dan Yoru Morino

Pertama kali aku membaca manga bajakan ini di rental komik. Ceritanya menarik, banget malah. Diangkat pertama kali dari novel berjudul sama karangan Otsu-ichi, dan diangkat menjadi manga 1 seri oleh Kendi Oiwa. Seri novel aslinya hanya 1 seri, tetapi terbitan berikutnya menjadi 2 seri. Novelnya memenangkan penghargaan Honkaku Mystery Prize. Kabarnya juga mau dibikin film layar lebar oleh sutradara J.T. Petty dan Studio Fox Atomic.

GOTH bercerita mengenai dua orang murid SMU yang tertarik pada kematian. Sang narator yang tidak bernama, hanya menyebut dirinya “boku” (saya), dan siswi pendiam bernama Yoru Morino. Narator ini nantinya ketahuan bernama Itsuki Kamiyama. Mereka berdua pintar secara akademis dan …aneh.

Berdua mereka menggeluti hobi dan kesenangan yang sama : kematian. Mereka senang mengunjungi tempat-tempat di mana kematian itu melingkupi, bisa bekas tempat penjagalan atau TKP pembunuhan. Dan karenanya, mereka sering terlibat di dalam kasus-kasus pembunuhan yang belum terpecahkan semacam kasus pembunuhan mutilasi dan berantai.

Menurut Itsuki, mereka bisa disebut sebagai GOTH atau orang-orang yang menyukai kegelapan hidup, dalam arti lain, kematian. Itsuki tampil sehari-hari sebagai pemuda biasa yang ramah, baik hati, dan nampak ceria, menutupi kepribadian aslinya yang dalam, gelap, dan dingin. Yoru memiliki pembawaan tenang, non-ekspresi, dan pendiam. Takdir mereka bersilangan ketika Yoru terlibat dalam kasus mutilasi tangan yang dilakukan oleh guru mereka sendiri, Shinohara-san. Itsuki, meski tidak mengakuinya, menolong Yoru dari guru itu, dan sejak itu mereka sering berpetualang menekuni hobi mereka berdua : mencari kematian.

Itsuki memiliki obsesi aneh terhadap Yoru, yang aku sih bilangnya mungkin semacam cinta terselubung. Ia ingin melihat kematian Yoru. Aneh banget deh pemikiran cowok satu itu, meski di antara semua komik yang kubaca, ia adalah karakter laki-laki paling kompleks dan rumit sifatnya.

Yoru sendiri bukannya sekedar pendiam dan menyukai kematian. Ia memiliki masa lalu yang kelam. Ia memiliki saudari kembar bernama Yu, yang tak sengaja menggantung dirinya sendiri di depan Yoru.

Kematian terkadang menjadi bahan pemikiran kita. Meski tidak seekstrim Itsuki, yang sampai terobsesi kematian, minimal kita pasti pernah memikirkan mengenai kematian dan hakikatnya itu sendiri. Aku jujur saja sering berpikir mengenai mati, entah itu cara mati atau kehidupan setelah mati. Tetapi buatku, yang penting kita menjalani hidup ini sepenuh-penuhnya selagi kita diberi kesempatan hidup. Mumpung hidup cuma sekali😀

Salam, Dea.

Dari berbagai sumber.

12 thoughts on “GOTH

  1. wah ……….
    trims bgt critanya,aq tertarik bgt ma komik niy,nyri2 susah…
    aq g taw klokomiknya dah da di INdonesia
    klo bleh tw dpet komiknya dmn….
    lo bsa plus novelnya

  2. Nyaaaaa…
    Wuch, ini cerita yg aq cari-cari. Emang susuah ngidupin karakter cowok model Itsuki ya.
    Ngomong-ngomong nama karakter di GOTH kok sama dengan code name di novel temen aq ya…
    Maaf aq ga inget judulnya. Tapi kalau di novel temen aq kasusnya Yoru ama Itsuki itu dua nama untuk satu orang (semacem alter ego gitu; Itsuki sisi baek dan Yoru sisi gelap). Nah, tadinya aku kira di sini lagi ngomongin novel itu… (sampai ngerem mendadak)taunya beda lagi.
    Gomen ne, Arigato!

  3. aduuuh gue pnh pny komik ini, kalo gga salah cm 1 seri aja kn ya?
    Gue bca komik ini brulang2 kali dan tetep aja seru.
    pdhl kalo liat gambar mayatnya yg dmutilasi itu gue kdg2 sk mual jg coz kliatan real. sampe akhrny komikny gue pinjemin tmen, ilang deh hiqs nyesel bgt gue minjemin org😦
    kira2 msh ada gga ya ini komik, d t4 lain?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s