Beranda » Marchen Awaken Romance (MAR)

Marchen Awaken Romance (MAR)

kover tankoubon ke-3 :Ginta dan Babbo

searah jarum jam dari atas : Phantom (latar belakang, bertopeng), Nanashi, Dorothy, Snow, Babbo, Ginta, Jack, Alviss, Alan.

MAR adalah karya Anzai Nobuyuki dkk setelah mereka sukses menamatkan Flame of Recca. Dan seperti biasanya Anzai-sensei, MAR sudah tamat dan dilanjutkan oleh sekuelnya yang ditulis justru bukan oleh Anzai sendiri melainkan oleh asistennya, Hoshino, yaitu MAR Omega.

Kisah MAR berkisar antara dunia dongeng. Anzai-sensei meramu berbagai cerita dan karakter dongeng yang biasa kita kenal sehari-hari menjadi suatu epik dongeng yang menarik. Awal cerita dibuka dengan munculnya seorang pemuda tampan berusia 16 tahun, bernama Alviss yang menggunakan Arm bernama Gate Keeper Pierrot untuk memanggil manusia dari dunia lain memasuki dunianya yang disebut sebagai MAR Heaven. Dalam kisah ini, Arm adalah berbagai jenis senjata dan jimat yang memiliki kekuatan khusus yang digunakan oleh penduduk negeri MAR Heaven ini untuk berbagai keperluan, sebagian besar untuk bertarung.

Dengan mengaktifkan Gate Keeper Pierrot, Alviss memanggil manusia dunia lain, seorang anak lelaki berusia 14 tahun bernama Ginta Toramizu, ke dunia MAR Heaven. Ginta adalah murid kelas 2 SMP biasa, yang sama sekali tidak jago baik dalam olah raga dan pelajaran. Ia mengenakan kaca mata dan memiliki stamina tubuh yang kurang baik. Intinya benar-benar bocah biasa banget deh!😀

Ginta sangat menggemari dunia dongeng, yang dikenalnya dari membaca buku-buku cerita dongeng, baik buku dongeng yang dibelinya maupun buku karangan ibunya (ibu Ginta seorang pembuat kisah dongeng, meski ia sendiri tidak suka dan tidak percaya dongeng ^^). Ayah Ginta juga menyukai dongeng. Sekitar 6 tahun yang lalu, ayah Ginta menghilang dan sampai sekarang tidak pernah terdengar lagi kabar beritanya.

Begitu sampai ke dunia MAR Heaven, Ginta yang kegirangan berjumpa dengan seorang penyihir wanita bernama Dorothy. Ia merupakan penyihir yang terkenal sebagai pencuri Arm. Dengan berbagai masalah yang timbul, Ginta pun berhasil membuka peti harta yang katanya berisi Arm legendaris dan menemukan Babbo.

Babbo, alih-alih sebuah Arm legendaris, ternyata merupakan Arm aneh yang bisa berbicara. Dengan Babbo yang cerewet dan sok gentleman (ia sering memanggil dirinya dengan panggilan Babbo-sama atau Tuan Babbo ^_^), Ginta bertualang di dunia MAR Heaven dan berjumpa dengan banyak kawan. Ia juga akhirnya mengetahui bahwa dunia impiannya yang terlihat damai itu ternyata sedang dilanda peperangan.

Perang di MAR Heaven disebut War Game, dimulai oleh sekelompok manusia jahat yang menamai dirinya Chess no Koma atau Chess’s Soldier. Urutan dan tingkat kedudukan mereka ditentukan dari kekuatan dan anting di telinga mereka, sesuai dengan urutan pada permainan catur. Yang paling rendah adalah Pawn atau bidak, kemudian Rook atau benteng, Bishop atau menteri, dan yang paling atas adalah Knight atau ksatria. Di atas Knight ada Queen dan King, tetapi mereka bukan kelas petarung. Kelas Knight di Chess no Koma berjumlah 12 orang, dijuluki Knights of Zodiac, plus 1 orang sebagai pemimpin mereka, yaitu Number One Knight, Phantom. Di War Game sebelumnya, Phantom bertarung imbang dan saling membunuh dengan pemimpin pasukan pembela MAR Heaven, Cross Guards, Danna. Keduanya tewas, tetapi pada perang yang kedua ini, ia bangkit kembali karena sesungguhnya Phantom telah mati dan menjadi zombie, sehingga bisa bangkit berkali-kali setelah kematiannya.

Kisah MAR ini banyak mengusung tema keadilan dan kesetiakawanan. Menurutku, ceritanya lebih mudah dimengerti dan diikuti dibandingkan Flame of Recca, tetapi jadinya berkesan gampangan. Anzai tidak banyak berimprovisasi dengan karakter tokoh-tokohnya; ia hanya berimprovisasi pada latar dan tema kisahnya saja.

Terlepas dari semua itu, cerita ini tetap menarik untuk diikuti. Aku tidak tahu animenya tamat di episode berapa, tetapi manganya tamat di tankoubon ke-16 kalau gak salah. Cerita anime dan manganya memiliki sedikit perbedaan, terutama menyangkut nasib Alviss nantinya, tetapi tidak terlalu melenceng jauh dari tujuan semula. Menurutku sih, lebih seru mengikuti animenya.

Salam, Dea.🙂

*dari berbagai sumber.

33 thoughts on “Marchen Awaken Romance (MAR)

  1. Endak kk, queen & king juga bisa fight,hebat juga kok mereka..
    kalo yang aku tahu ya, queen dari chess itu “Diana” yang merupakan kakak dari “Dorothy” dan ibu tirinya “Snow” karena Diana menghianati desanya dengan mencuri sekitar 400-700 A.R.M,entah untuk diapakan tujuannya,tapi mungkin A.R.M tersebut di bagi-bagikan pada anggota chess lainnya, bahkan ” Babbo” A.R.M legendaris juga merupakan hasil curian Diana. Lalu aku bilang kalo queen bisa fight, karena aku liat videonya “Dianna VS Dorothy” & Dorothy mempunyai suatu kewajiban untuk membunuh seorang penghianat desa yaitu kakaknya sendiri.
    Lalu “Danna” itu merupakan ayah dari “Ginta” yang hilang 6th lalu,dia juga senasib seperti anaknya,jika alviss memangil ginta,maka alan yang memanggil danna ke dunia M.A.R menggunakan A.R.M yang sangat langka. Gate Keeper Pierrot, nah ini yang aneh, aku sempet liat di you tube pertarungan antara Ginta VS Danna, entahlah aku memang belum baca sampai tamat sih, tapi korban dari pertempuran ayah & anak itu adalah “Dorothy”

    • cerita di anime dan manga beda jauh banget…jadi kalo cuma baca manga, kayaknya belum lengkap kalo belum nonton animenya. aku sendiri belum dapat episode lengkapnya. cuma punya manga lengkapnya aja.

  2. MAR adalah karya Anzai Nobuyuki dkk setelah mereka sukses menamatkan Flame of Recca. Dan seperti biasanya Anzai-sensei, MAR sudah tamat dan dilanjutkan oleh sekuelnya yang ditulis justru bukan oleh Anzai sendiri melainkan oleh asistennya, Hoshino, yaitu MAR Omega.

    Kisah MAR berkisar antara dunia dongeng. Anzai-sensei meramu berbagai cerita dan karakter dongeng yang biasa kita kenal sehari-hari menjadi suatu epik dongeng yang menarik. Awal cerita dibuka dengan munculnya seorang pemuda tampan berusia 16 tahun, bernama Alviss yang menggunakan Arm bernama Gate Keeper Pierrot untuk memanggil manusia dari dunia lain memasuki dunianya yang disebut sebagai MAR Heaven. Dalam kisah ini, Arm adalah berbagai jenis senjata dan jimat yang memiliki kekuatan khusus yang digunakan oleh penduduk negeri MAR Heaven ini untuk berbagai keperluan, sebagian besar untuk bertarung.

  3. Y bnr msh ada sampai skrng,setiap hari jam 03:30 wib
    Global tv tlng pindah jam tayang MAR donk!!! Klo bisa mlm sesudah film one piece
    Pleace…;-)

  4. aq da puas nonton MAR mulai awal hingga akhir sebaxk 2 kali……… aq berharap bisa mendapat te4 yg menjual barang barang berbau MAR…….. klo ada tujuan utama q adl SNOW…… q penggemar brat SNOW❤

  5. Ping-balik: MÄR ( Marchen Awakens Romance ) « Anime My World

  6. saya punya kaset atau CD’nya, episode terakhirnya 102 episode.
    kasetnya aja sampe 3 lembar atau 3 CD.
    filmnya seru bngt..
    mkasih buat yang bkin.. hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s