Beranda » Mari Membuat Devil’s Food Cake!

Mari Membuat Devil’s Food Cake!

Kue coklat. Nyammmmm…. siapa coba yang gak suka makanan yang satu ini?? Ya, ada sih, tapi biasanya sebagian besar manusia di muka bumi ini tidak bisa bilang tidak pada yang namanya coklat, heee…. terutama para cewek.

Kali ini aku mau bahas salah satu varian kue atau cake coklat yang namanya Devil’s Food Cake. Kok, namanya serem ya?? Maksudnya makanan setan itu apa ya??

Devil’s Food Cake (kiri) dan Angel Cake (kanan)

Ternyata, kue yang satu ini dinamai Devil’s Food Cake karena banyaknya coklat yang dipakai, kontras dengan lawannya Angel’s Food Cake atau cukup disebut Angel Cake saja. Warna cake coklat ini sangat coklat dan gelap dengan tekstur legit memikat, sedangkan Angel Cake berwarna terang dan bertekstur lembut bagaikan awan.

Devil’s Food Cake masih berkerabat dengan Sacher Torte (menurutku, soalnya penampilannya mirip), yang beda cuma ganache (krim lapis dalam) di dalamnya saja. Kalau Sacher Torte pake selai aprikot di dalamnya, Devil’s Food Cake pake dark cooking chocolate dan whipped cream atau thick cream.

Devil’s Food Cake termasuk dalam keluarga layer cake, karena dia punya beberapa lapisan (dua atau tiga lapis yang dilekatkan oleh ganache coklat, nyammm…) dan juga digolongkan dalam golongan butter cake atau kue yang dibuat dengan bahan dasar mentega. Ada juga red velvet cake, keluarga devil’s food cake yang berwarna kemerahan. Kue-kue ini diperkenalkan pertama kali di Amerika pada awal abad 20an.

Berbeda dengan lawannya, Angel Cake, yang menggunakan banyak telur (putih telur) dalam pembuatannya, Devil’s Food Cake merupakan kue yang sedikit menggunakan telur.

Nah, mau mencoba bikin kue ini?? Aku sudah pernah coba, tapi gagal gara-gara cetakan. Serius, jangan pernah pake cetakan yang punya bolong di tengahnya untuk membuat layer cake! Bakal hancur!!

Untuk membuat layer cake semacam Devil’s Food Cake ini, akan lebih baik bila kau  menggunakan dua loyang dengan diameter antara 20-24 cm, agar lebih mudah melakukan pelapisan ganache dan penumpukan antara kue satu dengan yang lain.

Nih aku kasih resep yang cukup mudah untuk membuat cake ini :

Bahan Cake :

  • 200 gr brown sugar
  • 50 gr coklat bubuk
  • 250 ml buttermilk
  • 1sdt ekstrak vanilla
  • 240 gr tepung terigu protein rendah
  • 1 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gr mentega tawar
  • 200 gr gula pasir
  • 2 butir telur

Glaze Ganache (utk bagian luar cake)

  • 180 gr dark baking chocolate, cincang
  • 6 sdm susu cair
  • 75 gr  mentega tawar
  • 2 sdm liquer (rhum,dll) optional, kalo gue ditiadakan

Ganache Cream (utk olesan dalam cake)

  • 250 ml double cream (thick cream/whipping cream)
  • 120 gr dark baking chocolate, cincang

Cara membuat :

  1. Olesi loyang bundar 23cm dengan mentega (2 buah). Alasi dng kertas roti. Panaskan oven pada suhu 170C.
  2. Glaze Ganache : lelehkan coklat bersama susu hingga meleleh, angkat. Tambahkan mentega, aduk hingga mentega leleh.  Diamkan glaze hingga mengental dan mudah dioleskan (90 mnt).
  3. Ganache Cream : panaskan krim sambil diaduk hingga beruap. Angkat, tuang kedalam coklat cincang, aduk rata perlahan sampai coklat larut. Tutup dan dinginkan dilemari es hingga mengental dan bisa dioleskan (60mnt). Keluarkan, kocok dengan mixer (kec. sedang) hingga rata kentalnya. Gunakan segera.
  4. Cake : campur brown sugar, coklat bubuk dan 1/2 bagian butter milk, sisihkan. Campur sisa buttermilk dan ekstrak vanilla, sisihkan. Ayak terigu bersama baking soda dan garam, sisihkan.
  5. Dengan mixer, kocok mentega hingga lembut (1/2 mnt). Bertahap, masukkan gula pasir, kocok hingga ringan dan pucat. Masukan telur satu persatu, kocok sampai rata setiap kali.
  6. Tambahkan adonan coklat bubuk-buttermilk, aduk balik. Bagi tepung terigu dalam 3 bagian dan buttermilk dalam 2 bagian. Masukan tepung terigu bergantian dengan buttermilk, dimulai dan diakhiri dengan tepung, kedalam adonan. aduk balik dengan spatula.
  7. Bagi rata adonan kedalam loyang2. Panggang hingga matang selama 30-35mnt. Keluarkan.
  8. Dinginkan cake dalam loyang diatas rak kawat. lalu keluarkan. Pindahkan ke rak kawat untuk mendinginkan.
  9. Penyelesaian : olesi salah satu permukaan cake dengan krim ganache, tutup dengan cake satunya lagi. Dengan bantuan pallet, oleskan sisa krim ganache utk menutup seluruh permukaan cake. Dinginkan.
  10. Siram permukaan cake dengan glaze ganache hingga tertutup rata. Dinginkan lagi dlm lemari es.
  11. Sebelum disajikan keluarkan cake dan diamkan pada suhu ruang selama 30 mnt.

Mudah kan?? Coba saja buat sendiri cake ini. Tidak banyak tips dan trik kok, hanya butuh kesabaran dan kesukaan yang amat sangat terhadap coklat. Selamat mencoba!

Salam, Dea.

*resep dan gambar dari berbagai sumber.

One thought on “Mari Membuat Devil’s Food Cake!

  1. Ping-balik: Resep Membuat Black Devil Cake « mutialiaagustin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s