Beranda » MONOCHROME FACTOR

MONOCHROME FACTOR

mf.018

Akira Nikaido, asli dan wujud Shin

Monochrome Factor adalah manga karangan Kaili Sorano; saat ini baru beredar sampai tankoubon ke-6, diterbitkan oleh penerbit Mag Garden. Manga ini sudah diadaptasi ke dalam anime dengan jumlah episode 24 episode oleh Studio A.C.G.T.

akira2

Akira Nikaido

aya

Aya Suzuno

Manga/anime ini berkisah mengenai seorang pemuda berusia 16 tahun bernama Akira Nikaido, duduk di kelas 2 SMU. Karakkternya kuat, keras, dan tidak sabaran; ia sering merasa bosan dengan kehidupan sekolah yang dirasanya monoton, sehingga ia sering bolos sekolah. Meski begitu, Akira memiliki bakat alami dalam hampir segala bidang, termasuk pelajaran dan olahraga, jadi meski ia sering bolos sekolah, ia masih bisa masuk dalam peringkat 5 besar di sekolahnya.

shirogane

Shirogane

kengo

Kengo Asamura

Suatu hari, ketika ia lari menghindari kejaran Aya Suzuno, kawan sekolahnya yang menjadi seksi disiplin di sekolah, gara-gara ia bolos sekolah, Akira memutuskan untuk pulang lebih awal dan di tengah jalan ia bertemu dengan seorang pria misterius berambut putih panjang dan berjas hitam yang membawa tongkat. Pria itu mengenalkan dirinya sebagai Shirogane dan meminta Akira untuk mendengarkan kata-katanya. Akira yang mencurigainya, terkejut karena Shirogane ternyata mengetahui nama dan dirinya, menolak untuk mendengarkan dan meninggalkan Shirogane sendiri. Sebelum Akira berlalu, Shirogane mengingatkan bahwa apa pun yang terjadi, Akira akan datang dan mendengarkan kata-katanya.

kou_ordinary

Kou

kou_rei

Kou sebagai Rei

master

Shuichi Wagatsuma atau Master

Malam itu, Aya datang ke rumah Akira (di anime, Kengo Asamura, sahabat Akira yang datang ke rumahnya dan menyeretnya ke game center, di mana mereka bertemu dengan seorang anak laki-laki kaya raya bernama Haruka Kujo dan tak sengaja bersinggungan dengan Aya di tengah jalan pulang) yang memintanya untuk menemaninya ke gedung sekolah untuk mengambil barang miliknya yang ketinggalan. Meski ogah-ogahan, Akira akhirnya mau juga menemani Aya (di anime, bareng Kengo) ke sekolah. Setelah mengambil barang milik Aya yang ketinggalan, yang ternyata berupa boneka naga pengantar tidur (Aya tidak bisa tidur tanpa boneka itu ^ ^), mereka diserang oleh sekelompok makhluk hitam berwujud seperti kadal bersabit. Ketika Akira merasa bahwa dirinya dan Aya sudah tamat di tempat, Shirogane menolong mereka. Pria itu menunjukkan bahwa Aya yang selama ini meminta tolong pada Akira hanyalah bayangan yang diciptakannya untuk menarik Akira ke tempat itu sejak semula (kalau di anime, baik Kengo dan Aya adalah asli, mereka berdua pingsan ketika diserang; Kengo sebenarnya pingsan oleh pukulan panik Aya yang memang sering membawa pedang bambu dan Aya pingsan karena ketakutan ^^).

Shirogane kemudian menjelaskan bahwa makhluk-makhluk yang menyerang mereka disebut dengan Kokuchi, makhluk yang berasal dari bayangan atau kegelapan. Kebalikan dari Kokuchi adalah makhluk bernama Hakua, meski baik di anime maupun manga, mereka jarang disebut lebih lanjut. Shirogane meminta pada Akira agar pemuda itu mau menolongnya mengatasi para Kokuchi tersebut, yang langsung ditolak mentah-mentah oleh Akira. Pemuda itu segera melepaskan diri dari segel yang dibuat oleh Shirogane, dan tanpa mengindahkan peringatan pria itu, berlari keluar sekolah. Ia segera ditelan oleh tanah yang dipijaknya, yang telah berubah menjadi kegelapan, dan dengan begitu, bayangannya pun menghilang. Akira segera ditolong oleh Shirogane yang mengatakan padanya bahwa ia akan segera menghilang juga apabila ia tidak menjalin kontrak dengannya; karena siapa pun yang telah kehilangan bayangannya di dunia nyata, ia akan menghilang tanpa bisa terlihat oleh orang-orang di sekitarnya. Akira yang tidak mau hal itu terjadi akhirnya mengizinkan Shirogane mengikat kontrak dengannya (di manga, kontrak ini dilakukan hanya dengan sihir; sedangkan di anime, selain sihir, Shirogane juga mentransfer kekuatan bayangannya ke dalam tubuh Akira dengan cara menciumnya ^^); dan Akira pun berubah menjadi ‘Shin’ atau manusia bayangan (istilah singkatnya begitu).

Ketika menjadi Shin, warna rambut, mata, dan kostum Akira berubah. Rambutnya akan berubah menjadi hitam dari yang biasanya coklat terang, warna matanya berubah menjadi merah darah dari yang biasanya biru/hijau, dan kostumnya berubah menjadi setelan kemeja putih, vest hitam, celana merah, dan bot hitam. Ia membawa senjata berupa sepasang belati; yang nantinya akan berkembang menjadi sepasang pedang.

Dengan mudah, Akira mengalahkan para Kokuchi dan memutuskan membantu Shirogane mengatasi ketidakseimbangan antara cahaya dan bayangan yang menyebabkan banyaknya Kokuchi yang menyerbu masuk ke dunia manusia. Shirogane dengan tersenyum mengatakan bahwa Akira tidak akan bisa kembali lagi menjadi manusia biasa setelah berubah menjadi Shin, karena Akira sudah kehilangan bayangannya. Akira menjadi panik dan marah setelah mendengarnya, tetapi Shirogane segera menenangkannya dengan mengatakan bahwa hanya ada satu cara untuk mengatasi masalah itu. Sebelum Akira sempat bertanya lebih lanjut, Shirogane sudah menghilang dari hadapannya dan Akira pun kembali menjadi manusia seperti semula.

Terbukti pada akhirnya bahwa untuk menggantikan bayangan Akira yang lenyap, Shiroganelah yang menjadi bayangan Akira. Sebenarnya, Shirogane sudah menawarkan untuk memakai bayangan instan (bentuknya berupa boneka konyol berwarna hitam, cara pakainya hanya dengan diinjak keras-keras, nanti dia menyatu sendiri sebagai bayangan kita ^^), tetapi bayangan instan itu telanjur rusak oleh Akira. Di anime, Akira selalu menggunakan bayangan instan itu dan tidak bergantung pada Shirogane sebagai bayangannya.

Pada pertarungan-pertarungan selanjutnya, Akira bertemu dengan seorang penyembuh bernama Shuichi Wagatsuma atau lebih sering dipanggil Master, seorang pemilik bar, ‘Aging Bar’ (di anime, ‘Bar Still’). Baik Kengo dan Aya akhirnya ikut dalam tim mereka; masing-masing dari mereka menerima benda yang mampu meningkatkan kekuatan mereka dari Shirogane, untuk Kengo adalah sepasang sarung tangan, Al Cesta, dan untuk Aya adalah sebuah gelang, Kuresame. Tim mereka nantinya diperkuat oleh Kou, kenalan Akira dan Kengo yang ternyata adalah seorang ‘Rei’ atau manusia cahaya, dan bawahan raja cahaya.

Shirogane menyembunyikan identitas dan karakter aslinya sebagai seorang raja dari garis royal kegelapan/bayangan. Sedangkan Akira terbukti sebagai reinkarnasi dari raja garis royal cahaya, Ryuko, yang sejak awal cerita sudah terbunuh.

ryuko

Ryuko

homurabi_hiryu

Homurabi dan Hiryu

sawaki

Sawaki

Musuh mereka adalah para Shin di bawah komando Homurabi, raja dunia bayangan/kegelapan yang dulunya menjadi partner Shirogane. Karena keinginannya menjadi penguasa tunggal baik dunia bayangan dan dunia cahaya, Homurabi mengasingkan dan menyegel Shirogane di dunia cahaya, dan membunuh Ryuko. Masing-masing dunia, baik dunia cahaya maupun dunia bayangan, memiliki dua raja yang bertugas menjaga keseimbangan cahaya dan bayangan. Baik Shirogane dan Ryuko sejak awal adalah raja langsung atau entitas asli yang melambangkan bayangan dan cahaya, sedangkan Homurabi dan Shuichi Wagatsuma atau Shisui merupakan raja yang dipilih dari kalangan manusia dan dijadikan sebagai Shin atau Rei untuk membantu tugas raja langsung. Masing-masing raja bisa mengikat kontrak dengan manusia yang akan mereka jadikan Shin atau Rei, lebih umum disebut sebagai ‘anak-anak’ mereka, biasanya sampai 5 orang ‘anak’ setiap raja.

lulu

Lulu

nanaya

Nanaya

shiki

Shiki

Anak-anak Homurabi atau para Shin jahat terdiri atas Nanaya, mudah dikenali dari penutup mata dan karakternya yang sadis; Lulu, gadis manis berpakaian gothic lolita dan berdada besar; Shiki, bocah lelaki yang suka memakai head phone dan google; Hiryu, seorang wanita cantik dengan kostum miko dan mampu mengendalikan es; dan Sawaki, seorang pria berpakaian perlente. Masing-masing dari mereka loyal kepada Homurabi dan bertugas membuat kekacauan di dunia manusia dengan menggunakan Kokuchi sebagai medianya. Di anime, hanya Nanaya dan Lulu yang terlihat, sementara tiga lainnya tetap anonim. Nanaya pada akhirnya tewas dibunuh Homurabi (di anime, ia dibunuh Haruka), sedangkan Lulu menyeberang posisi ke pihak Akira dkk, karena takut dibunuh oleh Homurabi.

Selain karakter-karakter utama di atas, ada juga beberapa karakter tambahan yang meramaikan suasana. Paling nyata adalah kakak perempuan Kengo bernama Mayu Asamura, seorang karyawati yang sangat gemar pada pria-pria tampan atau bishonen. Saking senangnya sama cowok cakep, ia sampai rela menggelendoti Akira setiap kali dia ada (di anime) atau mimisan ketika melihat Shirogane. Mayu memiliki kekuatan spiritual yang tinggi yang membuatnya bisa melihat Shirogane yang seorang Shin dan Kokuchi; karena umumnya baik Kokuchi maupun Shin tidak terlihat oleh orang biasa.

Gambar Kaili cukup bagus dan rapi, enak dibaca. Animenya juga bersih dan bagus. Ceritanya bagus dan menarik; hanya saja untuk anime, banyak sekali perbedaan dari manganya, terutama dari karakter Shirogane yang digambarkan memiliki perasaan suka pada Akira dan adanya karakter khusus anime bernama Haruka Kujo. Cerita di anime juga tidak terlalu menitikberatkan pada pertempuran mereka dengan para Shin jahat atau bahkan Homurabi, yang hanya disebut di akhir cerita, melainkan banyak berpusat pada kegiatan Akira dkk mengatasi gangguan Kokuchi dalam hidup mereka sehari-hari. Karena adanya muatan shonen ai antara Shirogane dan Akira dalam anime maka aku memberi rating anime ini sebagai PG-13 atau T, alias hanya remaja di atas usia 13 tahun dan dengan bimbingan orang tua saja yang boleh nonton. Terlepas dari itu, tidak ada unsur berbahaya lainnya, selain kekerasan, yang sebagian besar dikomikalisasi, sebagai contoh: Akira dan Aya menendang Kengo sampai mental ^^

Singkat kata, aku bilang cerita ini cukup bagus. Buat yang nggak puas dengan ending animenya yang memang menggantung, mendingan baca manganya aja, lebih jelas. Tiap karakter diceritakan dengan jelas, terutama Akira dan Shirogane.

Salam, Dea.

*) gambar dan keterangan dari berbagai sumber.

4 thoughts on “MONOCHROME FACTOR

  1. aQ suka anime maupun manga monochrome factor…….
    baguuus banget ceritanya………
    tapi sayang di anime ryuuko keluarnya cuman sedikit…..=.=”
    tapi aQ tetep suka……….:D

    • eh, manganya sebentar lagi tamat lho! sekitar kapter 65-67an kayaknya…endingnya agak anti klimaks sih…baca aja di mangafox atau mangachapter😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s