Beranda » Peralatan Gambarku » Peralatan Gambar Untuk Mewarnai Rambut Karakter

Peralatan Gambar Untuk Mewarnai Rambut Karakter

Salah seorang pengunjung artikel blogku mengenai peralatan gambar, Meinora Dewi Nurhaliza (meinoradn@gmail.com), bertanya : apakah warna rambut di manga harus hitam atau bisa warna lain? Saya jawab saja, ya dan tidak.

Manga adalah karya seni berwujud gambar hitam-putih, dimana goresan yang membentuk karakter dan gambar pendukung lain memiliki warna hitam putih dengan gradasi yang bervariasi. Gradasi hitam putih itulah yang membuat goresan manga terlihat hidup, karena warna-warna tersebut membentuk bayangan dan kedalaman gambar.

Sesuai pertanyaan Mbak Mei, apakah warna rambut karakter harus selalu hitam? Jawabannya bisa ya dan tidak. Rambut karakter bisa berwarna hitam atau putih, atau varian dari campuran kedua warna tersebut. Apabila manga tersebut berwarna, maka variasi warna tersebut bisa lebih beragam. Apabila dalam manga hitam putih, variasinya dapat diwujudkan dalam gradasi warna hitam putih.

Untuk mewarnai rambut karakter dengan warna hitam (karena warna putih berarti kita tidak mewarnai rambut karakter tersebut), kita bisa menggunakan berbagai peralatan gambar yang tersedia. Peralatan yang umum dipakai untuk mewarnai rambut secara manual adalah kuas dan tinta hitam (tinta india atau tinta cina), kuas dan cat poster hitam, brush pen hitam, dan spidol hitam. Kita juga bisa mewarnai rambut karakter secara digital menggunakan piranti lunak semacam Adobe Photoshop di komputer. Sedangkan untuk mewarnai rambut karakter dengan berbagai gradasi abu-abu, kita bisa menggunakan kuas dan cat poster abu-abu, pensil arang, pensil warna, rugos, screen tone, dan pewarnaan secara digital menggunakan Adobe Photoshop. Mari kita membahas peralatan manual satu per satu, tentunya sesuai hemat dan pengetahuan saya :

1. Kuas dan tinta hitam. Dua benda ini wajib dimiliki oleh setiap artis gambar, apa pun genrenya. Kuas yang bagus terbuat dari bulu musang asli atau sintetis (sebaiknya yang bulu musang), warnanya oranye atau putih, lentur, dan mudah untuk mengaplikasikan warna atau tinta. Sebaiknya kuas yang sudah dipakai untuk mengaplikasikan tinta jangan digunakan lagi untuk mewarnai, karena residu tinta bisa merusak warna dan gambar. Tinta hitam yang bagus sebaiknya tahan air (waterproof) dan tidak mudah pudar bila dihapus. Tinta cina dan tinta india sebenarnya sama saja, cuma beda sebutan. Merk variatif, bisa merk Yamura gambar naga yang murah meriah atau merk Winsor and Newton waterproof indian ink yang lumayan merogoh kocek. Saya terbiasa pakai tinta Yamura yang murah itu, gak masalah yang penting bisa untuk gambar. Memang kualitasnya tidak terlalu bagus, tetapi tinta itu waterproof dan cukup pekat. Saya juga menggunakannya untuk tinta pena celup.

AAAAAiPGBMYAAAAAAJL8Cg316856

Tinta cina Yamura dan tinta cina non-waterproof Winsor and Newton

kuas01kuas

Jenis-jenis kuas

2. Cat poster. Cat poster juga termasuk wajib dimiliki, meski bila kita terbiasa menggunakan tinta hitam untuk mewarnai rambut, kita tidak harus menggunakan cat poster. Kelebihan cat poster dibandingkan tinta hitam adalah kemampuannya untuk menutup bidang luas secara lebih efisien dan efektif dengan warna dan kepekatan yang hampir merata (tergantung cara pengaplikasian dan banyaknya air yang ditambahkan). Cat poster adalah water-based color atau cat berbasis air, sehingga penggunaannya cukup mudah yaitu hanya ditambah air untuk melarutkan dan mempermudah aliran warna. Merk yang umum ada di hampir semua toko buku dan alat tulis adalah merk Snowman; meski cat poster berkualitas bagus yang sering saya pakai adalah merk Sakura atau Pentel. Air yang ditambahkan secukupnya saja, supaya hasilnya tidak terlalu basah dan transparan.

image_20121007213046

Cat poster Sakura

3. Brush pen. Brush pen merupakan pena gambar dengan mata berbentuk kuas. Alat ini agak langka di pasaran, dan hanya beberapa merk saja yang mengeluarkan jenis pena ini (yang beredar di Indonesia). Saya suka menggunakan merk Sakura, karena selain tintanya waterproof dan tidak mudah pudar, harganya juga relatif (lebih) murah dibanding merk lain. Kalau mau mencari benda ini, sebaiknya di toko buku atau alat tulis yang besar dan ternama, semisal di Gramedia di mal-mal besar, Paperclip, atau Kinokuniya.

ink_03

Brush pen merk Sakura

4. Spidol hitam. Spidol hitam yang dimaksud di sini bukan spidol yang biasa dipakai untuk menulis di papan tulis putih ya, meski tidak tertutup kemungkinan alat itu dipakai untuk mewarnai rambut karakter. Spidol yang dipakai sebaiknya berkepala agak meruncing, tinta waterproof dan tidak tembus kertas. Meski begitu, saya kurang menyarankan alat ini, karena kecenderungan tintanya untuk meleber dan merembes. Selain itu, spidol juga umumnya tidak terlalu detail bila digunakan untuk mewarnai rambut karakter. Akan lebih baik bila spidol digunakan untuk menghitamkan bidang latar yang luas dan tidak terlalu detail. Merk variatif, tapi saya lupa apa saja selain Snowman, soalnya saya jarang pakai alat ini untuk mewarnai karakter/latar belakang.

5. Pensil arang dan pensil warna. Pensil arang atau konte merupakan media yang hanya bisa didapat di toko-toko buku dan alat tulis besar dan yang memiliki konter peralatan dan perlengkapan seni tersendiri. Konte umumnya hanya dipakai untuk membuat sketsa gambar atau lukisan. Seperti halnya pensil biasa, konte juga memiliki tingkat kelunakan dan ketebalan yang variatif. Saya tidak menyarankan benda ini untuk mewarnai rambut karakter, karena konte meninggalkan residu arang yang menyebabkan gambar terlihat kotor (kecuali bila kita memang sengaja ingin membuat gambar / sketsa dengan media konte). Alat ini bisa digantikan fungsinya oleh pensil biasa dengan ketebalan antara 4B – EE (untuk pensil merk Staedtler) atau 4B – 6B (untuk pensil merk Faber Castell). Senada dengan konte, pensil warna lebih sering digunakan untuk membuat sketsa-sketsa gambar (untuk menandai warna). Ada pensil warna klasik dan ada juga pensil warna aquarell (yang warnanya bisa diberi air dan hasil akhirnya mirip lukisan cat air). Merk yang sudah sering ada adalah Staedtler Luna dan Faber Castell. Hasil pewarnaan rambut menggunakan pensil warna kurang maksimal. Selain itu, pensil warna tidak terlalu bisa diandalkan untuk mewarnai bidang gambar yang cukup luas (soalnya boros dan lama).

6. Rugos dan screen tone. Tidak banyak yang bisa saya jabarkan mengenai kedua benda ini, selain bahwa untuk memperolehnya…susahnya minta ampuuun!!! Terutama untuk screen tone, harganya sangat mahal. Rugos lebih murah, tetapi variasinya sedikit. Rugos tone juga sangat susah diperoleh. Kita lebih sering melihat rugos huruf dan motif tertentu, tetapi rugos tone sama susahnya untuk dicari dan diperoleh seperti halnya screen tone. Saya pernah membeli rugos tone di sebuah toko alat tulis cina di pedalaman pecinan di daerah Sukasari, Bogor. Saat itu saja harganya sudah sangat mahal (untuk ukuran rugos saat itu), yaitu sekitar Rp 20.000,- per lembar, ukuran lembar seukuran separuh kertas B5. Sementara rugos biasa dengan ukuran lembar A5 hanya berharga Rp 3.000,-. Screen tone saat itu saya temui hanya di Toko Buku Internasional Kinokuniya yang ada di Plaza Senayan. Harganya Rp 56.000,- selembar ukuran A4…pas tahun 2002. Saya sudah tidak tahu lagi harganya berapa sekarang, tetapi pastinya sudah mahal banget mengingat sudah 11 tahun berlalu sejak terakhir kali saya melihat benda itu. Screen tone lebih mudah diaplikasikan dibandingkan rugos. Latihan untuk menggunakan benda ini benar-benar akan sangat mengasah skill kita sebagai komikus/mangaka, karena jujur saja, trik, teknik, dan metode menggunakan screen tone merupakan salah satu cara finishing komik/manga paling rumit yang pernah saya coba. Meski begitu, bagi pemula, saya tidak menyarankan benda ini, karena mahal dan (takutnya) mubazir. Membutuhkan kesabaran dan ketekunan tinggi untuk bisa mengaplikasikan tone dengan rapi, baik, dan benar serta memuaskan…dan tentunya kocek yang cukup tebal untuk mendapatkannya.

screen_tone_cells_2_by_fs_xxvii-d4kwlkkDSC04112

Screen tone

Untuk selanjutnya, tergantung pilihan dan kemampuan kita saja. Bagi para pemula, sebaiknya tidak usah terlalu memaksakan diri untuk membeli barang-barang yang mahal. Biar murah asal bisa dipakai. Yang penting kita bisa mendapatkan kesenangan dalam menggambar karakter favorit dan mempertajam kemampuan gambar, tanpa membebani kocek kita dan tentunya kocek orang tua kita.

Selamat mencoba!

Salam, Dea.

2 thoughts on “Peralatan Gambar Untuk Mewarnai Rambut Karakter

    • penggunaan screen tone adalah dgn cara ditempel di area yg diinginkan. mula-mula, paskan dulu screen tone dengan luas area yg akan diberi tone, tandai dgn pensil atau spidol di screen tonenya (hati-hati jangan sampai merusak polanya), lalu dipotong sesuai tanda yg sudah dibuat (disarankan pake cutter yg kecil/cutter pen, supaya lebih rapi). screen tone lalu ditempel perlahan-lahan dan hati-hati pada bidang yang dimaksud, ditekan/digosok dengan menggunakan permukaan benda tumpul (ada alat penggosok screen tone khusus, tapi ujung marker yg membulat dan permukaan tumpul lain juga bisa kok). tempel sesuai dgn garis batas area yg diinginkan, kelebihan screen tone bisa dipotong secara hati-hati pakai cutter pen (makanya jangan ditempel semua, paskan saja sampai garis batas area yg diinginkan, agar lebih mudah merapikannya). setelah pas, digosok lagi supaya lebih menempel. screen tone biasanya lebih mudah menempel daripada rugos, jadi kalo untuk rugos, mesti ada ekstra gosokan🙂. oke, selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s