Beranda » PRINCESS•PRINCESS

PRINCESS•PRINCESS

puri02

kover manga volum 5, menampilkan dari ki-ka : Yujirou Shihoudani, Tooru Kouno, dan Mikoto Yutaka

Puripuri merupakan manga karangan Mikiyo Tsuda, dengan jumlah volume 5 tankoubon dan sudah dibuat animenya berdurasi 12 episode. Setelah Puripuri, Tsuda-sensei juga membuat lanjutannya berjudul Puripuri Plus.

Cerita ini berkisah mengenai kehidupan 3 orang pemuda yang bersekolah di sebuah SMU berasrama khusus putra, SMU Fujimori. Di SMU elit ini, ada sebuah peraturan unik yang mengharuskan siswa-siswa tertentu, yang dipilih berdasarkan kualifikasi tertentu, mengenakan pakaian perempuan dan bergaya sebagai “Putri”, khusus untuk penyegar suasana di sekolah yang isinya cowok melulu ^^. Naah, 3 orang siswa inilah yang terpilih menjadi para Putri tersebut.

puri01versi anime, dari ki-ka : Yujirou Shihoudani, Mikoto Yutaka, Tooru Kouno

Tooru Kouno, sang tokoh utama, baru saja pindah ke SMU tersebut ketika dirinya langsung dipilih oleh ketua OSIS untuk menjadi kandidat Putri. Sebelum dirinya, sudah ada 2 orang lain yang terpilih, yaitu Yujirou Shihoudani dan Mikoto Yutaka. Awalnya ragu untuk menerima peran tersebut, Kouno langsung menerima tawaran itu setelah mengetahui bahwa para Putri diberi hak-hak khusus dan istimewa, di antaranya bebas uang seragam dan buku, serta kupon makan siang gratis.

Kisah berlanjut mengenai persahabatan mereka bertiga, plus Akira Sakamoto, ketua kelas Kouno dan Shihoudani, yang lebih sering disebut Sakamoto-sama ^^. Tooru yang serius, Yujirou yang flamboyan dan agak licik , Mikoto yang paling sering ditindas oleh mereka berdua ^_^, dan Akira yang tenang dan cerdas, membentuk kuartet persahabatan yang solid. Masing-masing dari mereka bertengkar satu sama lain, saling bercanda, saling membantu, dan saling berbagi masalah masing-masing. Tooru dan Yujirou, khususnya, menjalin rasa perrsahabatan yang kuat karena selain mereka teman sekamar di asrama, mereka juga saling membantu dalam masalah keluarga masing-masing.

Tooru memilih untuk bersekolah di SMU berasrama untuk menghindari sepupunya yang suka mengejar-ngejarnya. Orang tua Tooru meninggal karena kecelakaan ketika ia masih kecil, dan sejak saat itu, ia tinggal di rumah pamannya. Merasa berutang budi pada mereka, Tooru berlaku sebagai anak baik dan berusaha untuk berprestasi serta bisa menjadi teladan dan andalan bagi Sayaka, adik sepupunya. Perhatian dan sikap baik itu disalahartikan Sayaka sebagai bentuk cinta, yang akhirnya menyukai ‘kakak’nya itu dan posesif terhadapnya. ‘Cinta’ Sayaka begitu mengikat sampai-sampai ia tega melukai setiap gadis yang menjadi pacar Tooru saat itu. Untuk menghindari konfrontasi dengan Sayaka dan ketidak-enak-hatian dengan keluarga pamannya, Tooru memilih untuk bersekolah di Fujimori tanpa sepengetahuan Sayaka.

Meski akhirnya ketahuan juga, dan Sayaka yang meradang memaksa untuk bertemu Tooru di sekolahnya, pas banget Tooru sedang beraksi sebagai Putri dengan pakaian suster ^^. Ketika Sayaka memaksa Tooru pulang ke rumah dan menjadi pacarnya, Yujirou membantu mengatasi keadaan itu dengan mengklaim bahwa Tooru sudah tidak lagi menyukai perempuan dan menjadi ‘pacar’nya.:mrgreen: Melihat bahwa Sayaka tidak percaya akan penjelasannya, Yujirou pun memberikan jurus “ciuman maut” pada Tooru, sekedar untuk memantapkan ‘hubungan’ mereka. Sayaka yang syok pun pergi dan untuk sementara masalah itu beres…😀

Yujirou juga memiliki masalah, di mana ia merasa tidak bisa masuk ke dalam lingkungan keluarganya, yang dianggapnya keluarga “ideal” tanpa kehadiran dirinya. Yujirou tidak mengenal ayah kandungnya, dan ayah tirinya sekarang adalah bekas gurunya semasa SD. Setelah menikah dengan ibunya, adik Yujirou pun lahir. Yujirou merasa bahwa keluarganya yang terdiri atas ayah tiri, ibu, dan adik tirinya merupakan bentuk keluarga ideal, yang tidak semestinya dirusak dengan kehadiran dirinya. Oleh karena itu, ia lebih banyak menghabiskan waktu di asrama dan jarang pulang ke rumah. Ketika liburan musim panas, setelah mendengar saran Tooru yang khawatir akan keadaan dirinya, Yujirou pun memutuskan untuk pulang ke rumahnya dan memperbaiki suasana hatinya.

Awalnya, Tsuda-sensei berniat untuk membuat manga ini menjadi manga BL (boys love) dengan tokoh utama Tooru dan Yujirou. Tapi nggak jadi karena diprotes editornya😀 Jejak komik BL itu menurutku masih kelihatan dari cara Tooru dan Yujirou berinteraksi yang terkadang seperti sepasang kekasih (meski akhirnya ditekankan lagi oleh Yujirou bahwa mereka hanya TTM atau teman tapi mesra😆 ). Cara bercerita Tsuda-sensei yang mengalir dan menekankan pembicaraan kecil tapi menarik, merupakan nilai tambah dari manga ini. Tidak perlu banyak gambar bling-bling dan efek-efek khas shojo manga yang berlebihan, manga ini sudah memiliki kekuatannya sendiri. Yang terpenting adalah temanya yang menarik dan unik, di mana persahabatan dibungkus oleh tradisi sekolah yang lain daripada yang lain😀 benar-benar ide yang bagus. Tsuda-sensei benar-benar tahu bagaimana cara mengemas kisah sederhana menjadi menarik dan enak untuk diikuti.

Dalam kisah ini, selain Tooru dan Yujirou sebagai tokoh utama, beberapa tokoh pendamping lain juga diceritakan secara tersendiri, di antaranya Akira Sakamoto, yang merupakan karakter utama dari manga karangan Tsuda-sensei sebelumnya yang berjudul “Family Complex”, dan Mikoto Yutaka, yang merupakan tokoh pendamping di manga karangan Tsuda-sensei yang berjudul “Kakumei no Hi” atau “Day of Revolution”.

Kebiasaan Tsuda-sensei untuk memasukkan karakter-karakter dari manga sebelumnya itulah yang membuatku penasaran untuk membaca semua manga hasil karangannya. Day of Revolution sudah diterbitkan oleh M & C dari Gramedia, sedangkan Family Complex rencananya akan diterbitkan juga oleh penerbit yang sama. Untuk DoR, aku agak malas mengoleksinya, soalnya tipe ceritanya aku kurang suka. Untuk Family Complex (diindikasikan oleh cerita pendek di Puripuri volum 2, mengenai Akira Sakamoto) akan kubeli, selain cuma 1 volum, ceritanya lucu banget dan menyentuh.🙂

Singkat kata, Puripuri merupakan salah satu manga terlucu dan paling menyentuh yang pernah kubaca, selain Harlem Beat, Hitsuji no Namida (Tears of Sheep), dan Extra Kobayashi. Baca deh, pasti gak akan rugi!

Salam, Dea.

5 thoughts on “PRINCESS•PRINCESS

  1. Ara udah baca puri.puri dari 1 ampe 5
    tinggal pengen beli princess.princess plus
    nyehe~

    yg the day of revolution 2 blum punya.
    lbh tepatnya gak liat ada the day of revolution 2 muncul di gramed (ato akunya aja yg telat?)
    tp yg pertama ada kok..
    entahlah

  2. Love this shoujo…..❤
    i love tohru kouno's character but i thought that he isn't be the main attention here,… i wanna know more about toko-chant and also arisada ^^ love them

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s