Beranda » PSYCHO-PASS

PSYCHO-PASS

url

PSYCHO-PASS merupakan anime karya rumah produksi Production I.G. yang diudarakan melalui program Noitamina di Fuji TV. Serial anime ini berjumlah 22 episode, mulai dari Oktober 2012 sampai dengan Maret 2013. Desain karakter awal anime ini dirancang oleh Akira Amano, mangaka Katekyo Hitman Reborn; oleh karena itu ada beberapa kemiripan antara desain karakter dalam PP dan KHR yang sempat saya amati. Rating anime PSYCHO-PASS, menurut saya, adalah T+ mengarah ke M, karena tema ceritanya yang gelap dan penuh kekerasan.

Latar belakang cerita PSYCHO-PASS mengambil tempat di Jepang periode masa depan, di mana teknologi digital dan robot banyak mengambil alih alur kehidupan masyarakatnya. Sekilas kehidupan di kota tsb terlihat sempurna, tetapi kehidupan yang nampak sempurna itu menutupi fakta bahwa posisi dan jalan hidup setiap manusia di sana dikendalikan dari nilai PSYCHO-PASS mereka.

PSYCHO-PASS adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu nilai psikologis manusia yang dianalisis oleh Sybil System, sistem induk yang mengatur segala segi kehidupan manusia di kota tsb. PSYCHO-PASS berkaitan erat dengan Koefisien Kejahatan atau Crime Coefficient, dimana nilai ini juga memperkirakan kecenderungan seseorang untuk melakukan kejahatan. Nilai psikologis tsb adalah nilai yang diambil dari hasil scan kepribadian, kondisi emosi dan jiwa dari orang-orang yang dimaksud. Nilai PSYCHO-PASS ini dijabarkan dalam angka dan warna. Semakin keruh warnanya, semakin tinggi nilai PSYCHO-PASS-nya, maka orang tersebut semakin tidak stabil jiwanya. Apabila nilai PSYCHO-PASS seseorang mencapai nilai lebih dari 100 dan warnanya menjadi keruh, maka orang itu akan “dilumpuhkan” dan dimasukkan ke dalam pusat rehabilitasi kejiwaan.

Orang-orang yang memiliki nilai PSYCHO-PASS tinggi dan warna yang keruh bisa disebut sebagai kriminal laten. Ada 2 pilihan bagi orang-orang semacam ini, yaitu berakhir di pusat rehabilitasi (yang lebih seperti penjara, tanpa ada kesempatan untuk bisa keluar lagi, karena nilai PSYCHO-PASS yang sudah naik umumnya sangat sulit untuk bisa turun lagi), atau bergabung dengan satuan polisi khusus di Biro Keamanan Publik (Public Safety Bureau) di Kementerian Kesejahteraan Publik (atau MWPSB-CID, The Ministry of Welfare Public Safety Bureau – Criminal Investigation Department). Dengan bergabung dalam kesatuan ini, mereka akan menjadi Enforcer atau lebih sering dianggap sebagai ‘anjing pemburu’ bagi para Inspector atau inspektur yang menjadi penanggung jawab mereka. Mereka memburu para kriminal yang merajalela menggunakan senjata semacam pistol laser bernama Dominator. Dominator terhubung langsung dengan Sybil System dan sering disebut sebagai “mata” Sybil System. Ada 3 mode di Dominator, yaitu mode Non-Lethal Paralyzer, yang berfungsi melumpuhkan lawan dengan kejutan listrik, mode Lethal Eliminator, yang berfungsi membunuh selayaknya pistol laser (hasil akhirnya seperti shotgun, berantakan dengan ceceran darah😦 ), dan mode Destroy Decomposer, mode langka dimana Dominator akan membunuh dan menghancurkan lawan tanpa sisa.

dominator

Pistol Dominator, “mata” Sybil System.

Adalah Akane Tsunemori, inspektur baru yang diterima di Unit Satu PSB. Akane lulus ujian negara dengan nilai sempurna, dimana Sybil System menyatakan bahwa dia memiliki kompetensi yang lebih dari cukup untuk bisa mengirim aplikasi pekerjaan di semua lini kementerian, yang dianggap sangat sulit untuk ditembus. Akane akhirnya memilih PSB, karena kementerian itulah yang memberikan hanya 1 kesempatan baginya untuk masuk, di mana kementerian lain memberikan setidaknya 2 kesempatan baginya untuk masuk. Oleh karena itu, dia menganggap bahwa itu adalah kesempatan langka dan patut untuk dijalani (Akane adalah orang yang sangat mempercayai takdir, karena dia berpikir bahwa kesempatan langka itu adalah jalan baginya untuk meraih takdirnya, bahwa ada alasan mengapa hanya ada 1 kesempatan baginya untuk masuk ke sana).

Hari pertama bertugas mendampingi Inspektur Senior di Unit Satu, seorang pria serius berkacamata bernama Nobuchika Ginoza, adalah kesempatan pertama Akane untuk terjun langsung menangani kasus bersama dengan para Enforcer Unit Satu. Saat itulah pertama kalinya ia bertemu dengan Shinya Kougami, salah seorang Enforcer karismatik di Unit Satu.

Perjumpaannya dengan Kougami tidak berjalan mulus karena di tengah kecemasannya ketika menangani kriminal yang mereka kejar, Akane melumpuhkan Kougami menggunakan Dominator. Seiring dengan berjalannya waktu dan seringnya mereka berpasangan dan bekerja bersama, hubungan Akane dan Kougami menjadi dekat. Meskipun begitu, Ginoza selalu menekankan bahwa Enforcer hanyalah anjing pemburu, mereka tidak layak disamakan dengan manusia merdeka. Akane yang tidak setuju selalu bersilang pendapat dengan seniornya tsb.

Banyak kasus yang mereka tangani pun mengacu pada satu master kejahatan bernama Shougo Makishima.

animepaper.net_picture_standard_anime_psycho_pass_psycho_pass_picture_250605_anther_02_medium-348178c2

Shinya Kougami dan Shougo Makishima

Kougami terobsesi untuk menangkap (baca: membunuh) Makishima, yang ia curigai sebagai otak perencana kejahatan kelas kakap yang selama ini mereka tangani. Kejahatan yang didalangi oleh Makishima umumnya menggunakan tangan orang lain sebagai pelaku kedua. Pada salah satu kasus pembunuhan mutilasi yang terkenal sebagai Kasus Spesimen, Kougami, yang sebelumnya adalah seorang Inspektur, kehilangan Enforcer yang dekat dengannya, Mitsuru Sasayama. Sasayama menjadi salah satu korban mutilasi oleh Touma Kozaburou, pelaku kedua yang menjadi pelaksana kejahatan mutilasi tsb, di bawah supervisi Makishima (yang saat itu belum diketahui sangkut pautnya). Satu-satunya bukti yang mengacu pada keterlibatan Makishima adalah sepotong foto yang samar-samar menampakkan wajah Makishima. Sayangnya Ginoza, yang saat itu adalah rekan Kougami sebagai sesama Inspektur, tidak mempercayai penjelasan Kougami dan menganggapnya berhalusinasi. Syok berat dan dendam / obsesi yang timbul dalam diri Kougami menyebabkan angka PSYCHO-PASS-nya meningkat dan dia pun didemutasi menjadi Enforcer.

Titik terang mulai diperoleh ketika baik Akane dan Kougami berhadapan dengan salah satu rekan Makishima bernama Toyohisa Senguji. Akane bertemu langsung dengan Makishima, yang menyandera kawan Akane, Yuki. Makishima membunuh Yuki di hadapan Akane, membuatnya syok. Meskipun begitu, Akane bersedia menjalani pemeriksaan memori untuk bisa mengidentifikasi Makishima sebagai otak kejahatan selama ini. Berbekal gambar dan identitas Makishima yang jelas, tim PSB Unit Satu pun bergerak untuk menangkap Makishima dan menghentikan kejahatannya.

PSYCHO-PASS

Keterangan gambar (kiri-kanan) : Tim PSB Unit Satu yaitu Nobuchika Ginoza, Shinya Kougami, Yayoi Kunizuka, Shion Karanomori, Shuusei Kagari, Akane Tsunemori, dan Masaoka Tomomi, masing-masing membawa Dominator di tangan, kecuali Shion.

TIM PSB Unit Satu, terdiri atas 2 Inspektur, yaitu Akane Tsunemori dan Nobuchika Ginoza, yang berturut-turut dipanggil dengan sebutan Shepherd 2 dan Shepherd 1. Mereka membawahi 4 Enforcer (sepertinya tiap unit memiliki 2 inspektur dan 4 enforcer), yaitu Masaoka Tomomi, Enforcer senior dengan sebutan Hound 1, Yayoi Kunizuka, satu-satunya Enforcer perempuan di Unit 1 dengan sebutan Hound 2, Shinya Kougami dengan sebutan Hound 3, dan Shuusei Kagari, anggota Enforcer termuda dengan sebutan Hound 4. Dalam pekerjaannya, PSB Unit 1 dibantu oleh seorang analis komputer merangkap dokter darurat bernama Shion Karanomori (yang juga seorang kriminal laten).

Yah, untuk seterusnya silakan nonton sendiri ya, soalnya gak seru kalo diceritakan semuanya di sini (spoiler nihh!)

Nonton saja di situs nonton anime online gratisan seperti watchanimeon.com atau animeplus.tv.

Selamat menonton.

Salam, Dea.

6 thoughts on “PSYCHO-PASS

    • sistem dan norma masyarakat yg berat sebelah dan diskriminatif, adanya psikopat yg bertentangan dgn sistem standar yg sudah ada dan ambiguitas persepsi keadilan🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s