Beranda » Tsumitsuki

Tsumitsuki

Kover depan Tsumitsuki; gambar kiri: Asakura Makoto, salah satu karakter dalam kapter Tsumitsuki, dan gambar kanan: Kuroe yang memegang topeng rubah favoritnya.

Sebuah manga yang menarik karya Kiyohara Hiro berjudul “Tsumitsuki” ini mengisahkan mengenai mitos setan yang disebut Tsumitsuki yang memiliki kesukaan menyantap rasa bersalah dan ‘dosa’ manusia. Horor tragedi ini terbagi atas 5 kapter atau bab yang masing-masing menceritakan mengenai ‘dosa’ tiap-tiap karakter yang berbeda.

Adalah Takada Chinatsu, yang baru saja pindah ke SMU lokal tersebut dari Tokyo, menemukan bahwa dirinya berusaha untuk berteman baik dengan seorang gadis pendiam bernama Shinohara Mayu. Usahanya untuk menjalin pertemanan selalu ditampik oleh gadis itu, membuat Chinatsu merasa putus asa dan berusaha untuk mencari tahu mengenai alasan sebenarnya Mayu menolak ajakannya. Ia akhirnya mengetahui dari seorang pemuda misterius bernama Kuroe, yang gemar mengagetkan orang, senang memakai topeng rubah, dan tinggal di kuil tua di pinggiran kota, mengenai mitos Tsumitsuki dan alasan Mayu yang sebenarnya mengenai mengapa ia bersikap begitu tertutup dan pendiam; bahwa Mayu pernah memiliki seorang sahabat karib yang tiba-tiba saja menghilang tanpa bekas dari sekolah itu beberapa waktu lalu.

Chinatsu akhirnya mendapati bahwa Mayu selama ini selalu dijahati oleh teman-teman sekelasnya, dan sewaktu ia berusaha menolong gadis itu dari kejahilan murid lain, ia akhirnya melihat bahwa Mayu yang selama ini sudah bukan lagi manusia, melainkan sudah menjelma menjadi sesosok Tsumitsuki. Kuroe yang ikut mendampinginya akhirnya menunjukkan jati dirinya yang sesungguhnya, bahwa ia adalah siluman atau spirit pemburu Tsumitsuki. Setelah membunuh Mayu, Kuroe, sambil tersenyum dingin, berkata pada Chinatsu bahwa ialah yang membunuh sahabat Mayu dahulu, yang saat itu berubah menjadi Tsumitsuki, dan ia mengharapkan Chinatsu akan menjadi Tsumitsuki berikutnya dikarenakan rasa bersalah dan ‘dosa’ yang harus ditanggungnya…

Setiap cerita dalam manga ini mengalir lancar dan wajar, meski kesuraman dan tragedi yang terjadi di setiap kapter menyebabkan manga ini tidak layak dikonsumsi anak-anak dan mereka yang suka akan kisah yang lucu dan menyenangkan. Tsumitsuki adalah horor supernatural yang apik, menarik, dan artistik, dengan guratan gambar dan panelisasi yang rapi dan gaya penceritaan yang wajar sekaligus mencekam. Kita akan dibuat bingung oleh karakter Kuroe, yang sejak awal tidak jelas apakah dia itu jahat atau baik. Kuroe adalah karakter abu-abu, dia tidak memihak siapa pun. Yang ia pentingkan hanya memburu Tsumitsuki dan memakan energinya.

Yah, untuk bacaan hiburan yang agak gelap, lumayanlah. Bagi penggemar cerita horor, kisah yang satu ini pas sekali untuk dilirik, meski mungkin beberapa akan menganggap bahwa plot ceritanya sudah terlalu umum atau biasa, kurang membawa unsur kejutan atau orijinalitas.

Selamat membaca.

Salam, Dea.

One thought on “Tsumitsuki

  1. waa, jadi pengen baca. dulu keknya pernah liat manga ini di Gramed (atau bukan ya) tapi dari plot karakternya keknya menarik, terutama si Kuroe @_@

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s