Beranda » GHOST TALES

GHOST TALES

ghost20tales203ghost-tales-4
tuan Son, atasan Ho Yeon di militer

(gambarnya susah nyarinya di internet nih😦 )

Ghost Tales merupakan manhwa karangan Youn Ji-woon. Ceritanya berkisar mengenai petualangan dua lelaki muda bernama Ju Yu Baek Un, seorang ahli roh, dan pengawalnya, Won Wii Ho Yeon. Mereka dikisahkan hidup di zaman dinasti T’ang di Cina, meski kebanyakan settingnya lebih ke arah Korea zaman kuno🙂

Sistematika cerita ini tidak seperti cerita biasa yang beralur maju, melainkan maju mundur, jadi buat orang yang tidak suka berpikir rumit, mungkin manhwa ini bukanlah pilihan yang tepat. Kita diajak untuk menelusuri petualangan mereka berdua dan membuat persepsi mengenai jalan cerita itu menurut pemikiran kita sendiri. Jujur saja, dibandingkan komik, kayaknya cerita ini lebih cocok disebut sebagai karya sastra yang dibikin komik.

Mungkin kalo ada yang tau Chinese Ghost Stories yang dulu pernah difilmkan di TV malam-malam (kuno banget tuh!) mungkin menyadari similaritas cerita antara manhwa ini dan film itu. Memang mirip sih, meski berasal dari dinasti yang berbeda. Chinese Ghost Stories berasal dari zaman dinasti Song, sedangkan Ghost Tales dari dinasti T’ang.

Ju Yu Baek Un yang angkuh, materialistis, dan sarkastis, merupakan ahli roh yang cukup terkenal di daerah Nak Nyang (Nan Yang, mungkin, kalo dalam bahasa Cina). Ia merupakan pewaris nama besar ayahnya, Ju Geon Yang, yang memang merupakan ahli roh legendaris. Pertemuannya dengan Won Wii Ho Yeon merupakan suatu kebetulan yang tragis, di mana ia saat itu sedang menangani permintaan seseorang untuk memburu dan membunuh siluman rubah ganas yang meraja lela di daerah itu, yang kebetulan menerobos masuk rumah Ho Yeon yang tengah pergi ke medan perang.

Siluman rubah itu memakan habis penghuni rumah itu yang terdiri atas ibu dan adik perempuan Ho Yeon. Saat itu, Ho Yeon sendiri tidak tahu menahu mengenai keberadaan siluman rubah itu dan nasib keluarganya, sampai ia menerobos masuk ke dalam rumahnya, yang telah dipasangi segel pengurung arwah oleh Baek Un dan bertemu siluman rubah itu yang menyamar sebagai adiknya.

Meski bisa mengungguli siluman rubah itu dalam hal ilmu silat, Ho Yeon tidak tega membunuhnya karena siluman itu mengambil wujud adiknya. Ia pasrah dan hampir terbunuh oleh sang rubah ketika Baek Un datang dan menusukkan pedang sakti Shin Wol ke jantung siluman itu. Dalam kesedihannya karena kehilangan seluruh keluarganya, Ho Yeon menerima ajakan Baek Un untuk bertualang bersamanya. Untuk seterusnya, ia lebih banyak dijadikan bulan-bulanan oleh Baek Un, hahaha😀

Baek Un sendiri bukannya tidak memiliki masa lalu kelam. Ketika ia masih kecil, ia dikutuk oleh siluman rubah berusia ribuan tahun yang dendam pada ayahnya yang saat itu sudah meninggal. Ia dikutuk untuk mengalami hidup yang sengsara dan kematian yang menderita, di mana setelah kematiannya nanti, ia tidak akan mendapatkan kedamaian, melainkan harus mengembara dalam kegelapan selamanya. Untuk mencari penangkal kutukannya itulah, Baek Un berkelana berdua dengan Ho Yeon dan Shin Wol (pedang sakti yang bisa mewujud dalam bentuk gadis cantik, menyukai Ho Yeon, tapi sangat membenci Baek Un😀 ).

Selama membaca manhwa ini, aku terkadang suka mengerutkan dahi, soalnya banyak istilah dan kalimat yang kurang bisa kumengerti. Barulah setelah membaca ulang sampai 3-4 kali, aku baru bisa mengerti makna cerita itu. Sepertinya terjemahan cerita itu juga kurang bagus, jadinya maknanya nggak sampai ke pembaca😦

Singkat kata, ini cerita yang bagus untuk dibaca, terutama bagi yang menyukai kisah hantu dan sastra klasik. Meski begitu bukan berarti cerita ini bikin boring lho, soalnya banyak juga lelucon di dalamnya, terutama menyangkut kekonyolan Baek Un (apalagi kalo sudah menyangkut soal duit😀 ) dan saling ejeknya dengan Shin Wol.

Salam, Dea.

5 thoughts on “GHOST TALES

  1. aku udah baca komik ini,pertama mmg ga dong tapi begitu bagian yang terakhir (no 4,5,6 keluar n aku beli) aku baca trus aku baca lagi dari nomer satu barulah aku dong.ceritanya hebat bener so complicated full sastra full percintaan kadang tersentuh sendiri gw bacanya sampe berulang kali bacanya.

    • bener banget😀
      apalagi banyak terjemahan yang kayaknya kurang sesuai atau memang bahasanya rumit…
      setelah baca sampai tamat, akhirnya ngerti juga…kasian si baek un itu, nasibnya malang amat…

  2. Gw sk bngt ma kmk neh, emang bnr klo br bc pst rada2 ga nymbung tp uda nympe akhr brulah jlz. Gw plg sk crta suami yg d’bunuh mjikan’a truz istriny blz dndam n bunuh diri, sm kisah bidadari tu, sedih banget. . Baek un jg sedih, slg cinta tp ga bs b’1, tersiksa bngt. .

    • ;P!!
      setuju banget!! aku juga paling suka ma cerita itu, sedih n tragis banget!! BTW, hubungannya dgn Baek Un wkt itu cuma karena si jenderal itu ada di rumah bordil yg sama ya, dgn Baek Un?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s