Beranda » Peralatan Gambarku » Membuat Karakter Sederhana

Membuat Karakter Sederhana

Hai.

Untuk kali ini, saya mau berbagi pengetahuan sederhana mengenai cara membuat gambar sederhana, termasuk dalam menghitamkan rambut karakter. Peralatan yang saya pakai adalah media dan peralatan sederhana serta mudah diperoleh, yaitu kertas HVS ukuran A4 (Bola Dunia, kertas fotokopi biasa), pensil 2B (Faber Castell), penghapus karet (Paper Mate, saya dapat dari paket pensil mekanik dan penghapus dari Post-It), serta pena gambar 0.05, 0.1, 0.2, 0.3, dan kuas bertinta hitam (Sakura Pigma Micron). Berikut urutan pembuatan gambar a la daku :

1. Membuat sketsa gambar. Dalam membuat sketsa gambar, pensil dan penghapus merupakan peralatan wajib. Membuat sketsa gambar tidak usah terlalu detail dan tarikan garisnya sebaiknya jangan terlalu tebal, supaya penghapusannya lebih mudah. Pensil 2B lebih enak bila diruncingkan terlebih dahulu, tetapi itu tergantung preferensi setiap orang. Sebaiknya gunakan sepotong kertas untuk mengalasi bagian tangan kanan yang menyentuh permukaan kertas selama menggambar, meninta, dan mewarnai rambut, agar residu arang pensil atau bekas tinta yang masih basah tidak menempel di tangan dan mengotori bagian gambar yang lain.

2013-03-21-04702013-03-21-0479

2. Meninta gambar. Dalam meninta gambar, kita juga sekalian melakukan koreksi terhadap garis-garis gambar yang kurang sesuai. Saya meninta menggunakan pena gambar Sakura Pigma Micron dengan rincian sebagai berikut : ukuran 0.05 untuk meninta rambut dan detail halus lainnya; ukuran 0.1 untuk meninta karakter; ukuran 0.2 untuk meninta lipatan baju dan detail lainnya; ukuran 0.3 untuk meninta outline baju.

2013-03-21-0481

3. Menghapus bekas pensil. Dalam menghapus bekas tarikan pensil, gunakan penghapus karet yang berkualitas bagus. Ketika menghapus, usahakan melakukannya secara searah, untuk menghindari kerusakan kertas.

2013-03-21-04882013-03-21-0493

4. Mewarnai rambut karakter. Saya memutuskan untuk mewarnai rambut karakter dengan warna hitam. Alat yang saya gunakan adalah brush pen Sakura Pigma Micron. Meski begitu, fungsinya bisa digantikan oleh spidol. Menarik garis ketika mewarnai rambut karakter sebaiknya dilakukan secara searah.

2013-03-22-05032013-03-22-0516

5. Gambar sudah jadi! Tentunya masih minus finishing seperti pemakaian screen tone untuk bayangan, dsb. Tetapi karena judulnya hanya pembuatan gambar karakter sederhana, maka yang seperti ini sudah lebih dari cukup.

Mudah kan? Selamat mencoba🙂

Salam, Dea.

8 thoughts on “Membuat Karakter Sederhana

  1. Itu cara mengarsirnya gimana ? aku belum belajar sampai situ….itu bagus banget,kawaii….Dea onee-sama *nggak apa-apakan?^^ sering – sering bikin halaman kayak gini dong… kanbagus soalnya aku juga suka ngegambar jadi mohon bimbinganya Dea onee-sama…..pokoknya halaman kayak gini ngebantu banget!!!

    • arsirnya biasa saja kok, asal harus searah. jgn 2 arah, soalnya hasilnya nanti jelek. untuk menyeragamkan warna hitam pada hasil arsiran rambut, pakai tinta hitam atau cat poster hitam. oh ya, pergelangan tangan harus santai dan rileks supaya hasil gambarnya bagus. kebanyakan orang sering terlalu fokus untuk membuat gambar yg bagus, sehingga tangan mereka tidak santai; akibatnya jadi tidak bisa menghasilkan gambar yg bagus🙂

    • pergelangan tangan harus rileks dulu, itu tips yg pertama🙂
      soalnya sering banget orang terlalu berkonsentrasi utk bisa menghasilkan coretan yg bagus atau garis yg sempurna sehingga tangannya tidak santai. abaikan saja detail yg tidak terlalu sesuai harapan selama belum ditinta, toh goresan pensil juga nantinya dihapus. outline dgn pensil jangan terlalu tebal dan mendetail, tambahkan detail pas meninta saja. kayaknya itu saja deh tips sy, yg lainnya tergantung selera dan style g ambar masing2🙂

    • untuk itu, cukup perbanyak latihan dan mencontoh gambar yang sudah ada. sy juga kesulitan, terutama untuk gambar kaki, kayaknya gak bisa bikin gambar dr sudut yang bagus. sepatu juga kelemahan saya, paling gak bisa bikin sepatu bagus🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s